alat pengukur tegangan listrik

8 Alat Pengukur Tegangan Listrik Beserta Fungsi dan Gambar

Alat Pengukur Tegangan Listrik – merupakan alat yang dipakai untuk mengukur besaran – besaran listrik yang mengalir seperti:

Kendala listrik (R), Kuat Arus listrik (I), Beda Mungkin listrik (V), Daya listrik (P), serta yang lain. Ada dua type alat ukur yang dipakai yakni alat ukur analog serta alat ukur digital.

Menjadi pakar listrik tentulah kenal alat-alat ini sebaiknya telah memahami benar karena alat ini terkait erat sekali dengan daya atau arus tegangan listrik yang dihantarkan ke pengguna listrik,

Di bawah ini alat-alat listrik yang banyak digunakan oleh seseorang tehnik listrik :

1. Alat Pengukur Tegangan Listrik Amperemeter

alat pengukur tegangan listrik

Ampremeter adalah alat pengukur tegangan listrik yang dipakai untuk mengukur kuat arus listrik baik untuk arus DC ataupun AC yang ada dalam serangkaian tertutup. Amperemeter umum dipasang berderet dengan bagian listrik.

Bila Anda akan mengukur arus yang mengalir pada suatu penghantar dengan menggunakan Amperemeter jadi harus Anda pasang dengan seri lewat cara memotong penghantar supaya arus mengalir lewat Amperemeter.

2. Voltmeter

alat pengukur tegangan listrik

Voltmeter merupakan alat pengukur tegangan listrik untuk nilai tegangan yang lebih kecil kita juga umum memakai milivoltmeter, mikrovoltmeter, nanovoltmeter, sama dengan batas kecermatan yang diharapkan hampir sama juga dengan AmpereMeter.

Untuk langkah memakai voltmeter dipasang paralel dengan alat yang beda potensialnya yang akan diukur kebalikkan dari amperemeter.

3. Ohm Meter

alat pengukur tegangan listrik

Ohm meter adalah alat pengukur tegangan listrik yang dipakai untuk mengukur kendala listrik pada serangkaian tertutup atau daya untuk meredam mengalirnya arus listik pada suatu konduktor. Besarnya unit kendala yang diukur oleh alat ini dinyatakan dalam ohm. Alat Ohm mtr.

Ini memakai galvanometer untuk mengukur besarnya arus listrik yang melalui atau mengalir pada suatu kendala listrik (R) , yang lalu dikalibrasikan ke unit ohm.

4. Wattmeter

Wattmater merupakan alat pengukur tegangan listrik yang dipakai untuk mengukur power listrik (atau rate supply daya listrik) dalam unit watt untuk serangkaian atau circuit apapun

5. Multimeter

Multimeter adalah alat pengukur tegangan listrik yang dipakai untuk mengukur listrik tegangan (Voltmeter), kendala listrik (Ohm mtr.), juga arus listrik (Ampere).

Ada dua type multimeter, yakni multimeter digital atau DMM (Digital Multi Mtr.) , serta multimeter analog.

Keunggulan dari multimeter digital dibanding multimeter analog merupakan tingkat kecermatan tambah tinggi dalam pengukuran. Akan tetapi, dari ke-2 type multimeter itu bisa mengukur listrik AC ataupun DC.

6. Megger

Megger berperan menjadi pengukur tahanan isolasi dari alat – alat listrik ataupun instalasi – instalasi. Output dari alat ukur ini biasanya adalah tegangan tinggi arus searah. Megger ini kerap dipakai petugas dalam mengukur tahanan isolasi diantaranya untuk :

a. Kabel instalasi pada rumah-rumah atau bangunan.
b. Kabel tegangan tinggi serta rendah
c. Transformator.

7. Osioloskop

Osioloskop merupakan alat pengukur tegangan listrik yang bisa tunjukkan pada Anda ‘gambaran atau bentuk’ dari tanda listrik dengan tunjukkan grafik dari tegangan pada waktu pada layarnya. Ini sama seperti dengan penggambaran pada monitor tv.

Osioloskop terbagi dalam tabung vacuum dengan suatu katode (electrode negative) pada satu bagian yang membuahkan pancaran elektron serta suatu anode (electrode positive) untuk percepat gerakannya hingga terdeteksi menuju monitor tabung.

Susunan ini dimaksud dengan Electrone Gun. Elektron – elektron dimaksud pancaran cahaya katode karena mereka dibangkitkan oleh Cathode serta ini mengakibatkan osioloskop dimaksud dengan komplet dengan Cathode Ray Oscilloscope atau CRO.

8. Kwh Mtr

Kwh Meter adalah alat pengukur tegangan listrik yang dipakai oleh pihak PLN untuk mengkalkulasi besarnya pemakaian daya oleh customer.

Alat ini begitu umum didapati di penduduk. Sisi utama dari satu KWH Mtr adalah kumparan tegangan, kumparan arus, piringan aluminium, magnet yang bekerja menetralisir piringan aluminium dari induksi medan magnet serta gear mekanik yang mencatat jumlahnya rotasi piringan aluminium.

Itulah beberapa jenis alat pengukur tegangan listrik dan fungsi, semoga  bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *