Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus yang Kece dan Menarik

Setiap manusia pasti memiliki momen-momen terbaik sepanjang hidupnya. Mulai dari momen yang berkesan hingga momen yang tidak ingin diingat. Tentu saja, kita lebih ingin mengingat momen-momen yang berkesan saja.

Berani taruhan deh, pasti Anda punya setidaknya satu atau lebih dari dua foto dari momen terbaik di hidup Anda. Pacar baru? Baru diwisuda? Menjuarai sebuah lomba? Mungkin Anda punya foto-foto dari momen tersebut.

Anda ingin mengingat momen-momen terbaik di hidup Anda dalam bentuk foto? Nah untuk memajangnya, Anda memerlukan sebuah bingkai foto.

Anda bisa mendapatkannya dengan dua cara. Pertama, Anda bisa membelinya di luar. Nah, cara kedua yang akan kami bahas pada artikel ini, yaitu membikin sendiri bingkai menggunakan bahan yang nggak mahal dan mudah untuk didapat. Kamu bisa pakai kardus yang sudah tidak terpakai. Lalu, Anda bisa kreasikan bingkai tersebut sesuai keinginan.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengubah kardus menjadi bingkai foto ciamik. Cekidot…

1. Siapkan alat dan bahan

bahan - bahan membuat bingkai foto dengan kardus

Tentu saja, kamu harus siapin dulu alat dan bahannya. Sebagai bahan utamanya, siapkan kardus bekas. Agar hasilnya lebih baik, pilihlah kardus yang berukuran tebal. Oh iya, siapkan juga plastik bening untuk melapisi foto di bingkai buatan kamu.

Selain itu, siapkan juga alat-alat berupa gunting, cutter, pensil, penggaris, lem, kertas warna-warni / kertas lipat, hiasan jenis apapun yang kamu punya, kertas warna putih atau hitam, serta tali (bisa tali goni, benang wol, atau tali lainnya)

2. Memotong bahan bingkai foto dari kardus

Potong bahan bingkai foto dari kardus

Potong kardus yang akan dibuat bingkai menggunakan gunting. Patut Anda ingat, ukuran kardus yang dipakai harus disesuaikan dengan foto yang akan diletakkan di bingkai. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui berapa lebar bingkai foto yang akan kamu buat.

Misalnya, Anda akan membuat bingkai dengan ukuran 14×21 cm dan lebar bingkai 4 cm. Berarti, kamu harus menambahkan 4 cm dari ukuran awal saat memotong kardus tersebut. Jadi dari contoh ini, kamu perlu memotong kardus dengan ukuran 18×25 cm.

3. Potong untuk lubang foto

Potong untuk lubang foto

Letakkan foto di tengah kardus. Lalu buat garis mengelilingi ukuran foto. Terakhir, lubangi kardus dengan cara memotongnya sesuai garis menggunakan cutter

4. Hiasi bingkai foto

hiasi bingkai foto

Selanjutnya, kamu bisa mempercantik bingkai foto tersebut dengan berbagai macam hiasan, mulai dari bunga-bungaan, pita, kancing, cat, krayon, atau hiasan lainnya. Hiaslah bingkai tersebut dengan kreasi kamu sendiri.

5. Membuat bagian belakang bingkai

membuat bagian belakang bingkai

Potonglah kardus yang lebih tebal dengan ukuran yang sama dengan bingkai pertama. Lalu, tambahkan sedikit lem di sekeliling bingkai dan tempelkan kardus yang sudah dipotong tadi di belakangnya.

Supaya bingkai fotonya nanti jadi lebih awet, Anda bisa menambahkan plastik bening di atas foto sebagai pelindung. Sehingga, nantinya urutan lapisan dari bingkai tersebut akan seperti ini:

  • Jendela bingkai
  • inner liner
  • plastik bening,
  • Foto yang dipajang
  • Bagian belakang dari bingkai.

6. Buat penyangga atau gantungan

penyangga atau gantungan bingkai

Langkah terakhir dalam cara membuat bingkai foto dari kardus adalah membuat penyangga atau gantungan dari bingkai tersebut.

Kita mulai dari membuat penyangga. Buatlah bagian ini dengan kardus yang tebal. Potong kardus dengan bentuk menyerupai dasi. Lalu, tempelkan bagian ini di bagian belakang bingkai.

Sementara itu, tambahkan tali pada bagian belakang bingkai sebagai gantungan. Tempelkan tali tersebut di bagian belakang bingkai.

Bingkai kardus buatanmu sudah jadi deh. Kalo kamu ingin memajang foto yang lebih banyak, kamu bisa membuat bingkainya lebih dari satu dengan hiasan yang berbeda. Dijamin, foto-foto koleksi kamu bakal terlihat kece deh dengan bingkai kreasimu itu.

Selesai sudah artikel kami kali ini seputar cara bikin bingkai foto dari kardus. Selamat mencoba sendiri di rumah yahh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *