Cara Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat

Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang sering diperjual belikan di pasar. Kacang panjang selian mudah ditanam dan bergizi, juga merupakan salah satu sayuran yang kerap menjadi pilihan dalam daftar makanan sehari-hari. Untuk menumbuhkan kacang panjang sebenarnya tidak sulit. Tertarik ingin mencoba? Berikut kami akan menyajikan langkah-langkah tepat dalam cara menanam kacang panjang di bawah ini.

Persiapkan Biji Kacang 

biji kacang hijau

Ada beberapa persiapan biji kacang panjang agar bisa menghasilkan bibit terbaik:

  • Untuk perkecambahan ekstra cepat, rendam benih dalam air selama 30 menit sebelum penanaman, atau taruh biji di antara dua tisu basah pada malam sebelum tanam. 
  • Pada hari berikutnya, benih akan bengkak dan siap untuk berkecambah. Lakukan ini hanya jika Anda yakin bahwa Anda dapat menanam pada hari berikutnya! Jika Anda membuatnya prima, maka mereka perlu ditanam.
  • Gunakan suntikan inokulan yang bisa anda dapatkan dengan cara membeli di toko terdekat. Ini akan mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan level keberhasilan.
  • Karena inokulan super murah, itu adalah cara yang baik untuk memberikan benih Anda dengan cepat sebelum penanaman untuk memastikan mereka tumbuh sebaik mungkin.

Penyiraman

penyiraman kacang panjang

Kacang panjang tidak suka basah, atau tanah yang tidak dikeringkan dengan baik. Untuk memastikan air tanah mengalir dengan baik dan kacang Anda tidak membusuk, tambahkan banyak bahan organik seperti kompos sebelum menanam. 

Ketika menabur benih, taburkan benih 2,5 cm dalam media tanam. Kemudian cobalah untuk tidak menyiram lagi sampai kacangnya bertunas sehingga tanah tidak menjadi basah atau basah kuyup. 

Jika tanah Anda cepat kering, atau membentuk kerak, tutuplah bedengan biji dengan lapisan mulsa atau kompos yang sangat tipis setelah Anda menanam untuk menjaga permukaan tanah tetap lembab dan lembut. Ini membantu ujung akar kacang agar tidak putus karena terdorong oleh tanah yang keras. Tanamlah biji kacang di di tanah yang tingginya 0,61 m hingga 0,61 m. Tanamlah bibit 5 hingga 7,5 cm terpisah.

Cobalah untuk tidak menanam kacang di tempat yang sama dua tahun berturut-turut karena mereka rentan terhadap beberapa penyakit yang bersumber dari tanah, dan memutar lokasi penanaman dari tanaman Anda akan membantu mencegah penumpukan penyakit ini di setiap lokasi. 

Jika kacang Anda mati di tahap pembenihan, sangat sering atau terserang penyakit membunuh akar. Cukup hindari masalah ini dengan memindahkan tempat penanaman kacang Anda ke lokasi yang berbeda setiap tahun. 

Bersihkan tanaman Kacang

bersihkan kacang panjang

Kacang panjang memiliki akar yang sangat dangkal yang tidak dapat bersaing dengan gulma untuk air dan nutrisi, jadi cobalah dan jaga kacang Anda dengan baik dengan cara disiangi. Namun ingat, akar kacang tanah tumbuh sangat dekat dengan permukaan tanah, jadi berhati-hatilah saat menyiangi tanaman yang tidak menarik tanaman kacang keluar bersama dengan gulma tersebut.

Jangan menanam semua kacang snap Anda pada saat yang bersamaan. Tanamlah biji kacang setiap 10 hingga 14 hari.  Karena kacang panjang cenderung menghasilkan buah kacang mereka sekaligus, panen hanya akan berlangsung sekitar 2 minggu. 

Nah, demikianlah cara menanam kacang panjang yang super duper mudah tersebut. Anda bahkan bisa menggunakan dan memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah dan mendapatkan pasokan kacang panjang segar sepanjang tahun. Karena kacang ini bisa berbuah secara ulang. Hanya saja diperlukan perawatan tanah yang baik agar tanaman tetap hidup dengan sehat dan berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *