desain masjid

Kumpulan Desain Masjid yang Bisa Jadi Inspirasi

Tahukah Anda, setiap masjid pasti memiliki desain tersendiri yang membuatnya terlihat megah dan semakin nyaman untuk dijadikan tempat ibadah? Mulai dari masjid dengan desain sederhana, sampai desain mewah yang menggunakan material berkualitas.

Tak salah jika kemudian orang yang mengunjungi sebuah masjid, juga dibuat terkagum-kagum dengan berbagai desain istimewa. Alhasil, mereka semakin betah berlama-lama di dalam tempat ibadah tersebut.

11 Desain Masjid yang Menakjubkan

desain masjid

Jika Anda ingin membangun sebuah masjid, sepertinya bisa mencontek beberapa desain berikut ini. Pastinya, sudah berhasil membuat banyak orang terpesona karena keindahannya. Mau tahu desainnya seperti apa saja?

1. Minimalis Modern

Desain ini mengedepankan pola bangunan modern, dengan memadukan unsur minimalis. Mulai dari bentuk bangunan yang ditata berbentuk persegi atau persegi panjang, dengan bagian atap datar.

Sedangkan untuk kubahnya ditempatkan pada bagian tengah atap dengan warna netral seperti putih, emas, ataupun kubah perak yang elegan.

Untuk memberikan kesan Islami, diberikan dua pilar utama pada sisi kiri dan kanan bangunan masjid dilengkapi kubah lebih kecil pada bagian atasnya. 

Untuk warna, biasanya desain ini memilih warna-warna netral dan lembut, seperti putih, emas, coklat, atau warna hijau kesukaan Rasulullah SAW.

2. Minimalis Mediterania

Menyelipkan kesan mediterania, masih menjadi salah satu pilihan pada bangunan masjid sehingga tampilannya terlihat lebih berkarakter. Biasanya, karakter masjid ini menggunakan banyak pilar dengan pintu yang dibuat seperti kubah. 

Untuk dekorasinya, menggunakan seni pahatan yang dikolaborasikan dengan kaca tempered atau warna-warni dengan membentuk motif tertentu. Untuk kubahnya, dibuat dari batu khusus atau galvanis yang sudah dibentuk senada dengan desain utama.

Soal warna, lebih banyak mengedepankan warna alam seperti coklat susu, coklat tua hijau, dan krem. Alhasil, bangunannya terlihat seperti bangunan peninggalan sejarah di Eropa.

3. Geometri Minimalis

Sama halnya desain rumah yang kekinian, dengan mengusung konsep geometri. Masjid juga tak luput dari desain tersebut, dimana penggunaan beberapa bentuk geometris yang dipadukan menjadi sebuah bangunan yang unik.

Misalnya, bangunan utamanya berbentuk persegi. Sedangkan untuk tiang penyangga atau bagian sisinya dibangun berbentuk pilar-pilar, menyatu menjadi bentuk segitiga yang saling berkaitan.

Pemakaian kubah, juga didesain menjadi bagian geometri yang unik. Tidak melulu harus berada di tengah bangunan, tapi bisa pada salah satu sisi utamanya sebagai penegas bahwa bangunan tersebut adalah tempat ibadah.

4. Minimalis Kontemporer

Tidak perlu pilar dan kubah mewah, desain ini lebih mengedepankan arsitektur yang abstrak namun bermakna luar biasa. Ada yang dibangun dengan bentuk jajaran genjang, kemudian pada atapnya dibuat cekung.

Mungkin Anda yang pernah melihat Masjid Raya Sumatera Barat, bisa menjadikannya contoh sebuah desain minimalis kontemporer. Namun tetap memiliki kemewahan maksimal, terutama pada desain interiornya yang dibuat penuh kaligrafi berkualitas.

5. Industrial Modern

Siapa bilang konsep industrial tidak cocok diterapkan pada bangunan masjid? Justru akan memberikan kesan berbeda, namun tetap bernuansa Islami. Mulai dari desain luar yang dibuat seperti bangunan setengah jadi, dimana warna abu-abu khas semen menjadi warna dasarnya.

Nah, untuk menambah kesan industrial material pilar dibuat menggunakan warna netral seperti hitam, abu-abu, atau putih. Sedangkan untuk interior, diberi sentuhan bata merah yang tertata rapi pada dinding. Setelahnya diberi sedikit inovasi kaligrafi kaca atau kristal sebagai pemanisnya.

Soal kubah, bisa menggunakan berbagai bahan dengan bentuk mempertahankan kubah layaknya masjid klasik. Desainnya bulat mengerucut ke atas, terbuat dari bahan semen pilihan atau batu alam.

6. Tropikal Geometris

Daerah tropis seperti Indonesia, sangat butuh bangunan nyaman dengan gaya tropikal. Mengedepankan banyak ventilasi udara dan kaca yang menjadi media sirkulasi udara. 

Desain utama boleh menggunakan bentuk bangun datar petak atau persegi, dengan material utama beton. Namun, pada teras dipadukan dengan bahan kayu sebagai kanopi utamanya sebagai tempat jamaah beristirahat.

Satu pilar utama dengan kubah mungil di atasnya, bisa menambah kesan tropikal. Sedangkan kubah utama bisa diletakkan di bagian tengah bangunan persegi, mengusung desain kekinian yang tetap mengedepankan konsep tropikal.

Pemilihan warna dan memaksimalkan pepohonan sebagai bagian eksterior pada teras, akan semakin membuat suasana sejuk di kawasan masjid walaupun udara panas menyengat.

7. Klasik

Klasik ini bisa di sesuaikan dengan daerah masih-masing, dimana unsur budaya klasik daerah dipadukan dengan konsep utama masjid. Misalnya, di daerah Jawa Tengah dengan mengadopsi konsep rumah tradisional klasiknya.

Begitu juga ketika Anda membangun di kawasan Sumatera, yang sangat khas dengan bangunan dan ruangan super luas. Biasanya memiliki tinggi ruangan yang di atas tinggi normal bangunan, supaya udara sejuk menemani Anda beribadah.

Jika ingin mengadopsi klasik dari wilayah Arab, desain yang bisa jadi kiblat tentu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Nilai klasik terlihat dari bentuk kubah dan bangunan memanjang yang memiliki selasar luas.

8. Futuristik

Bangunan masjid yang futuristik, didesain dengan arsitektur yang tidak biasa. Memadukan bentuk-bentuk tiga dimensi pada setiap bagiannya, sehingga menghadirkan kesan masa depan yang menakjubkan.

Pada desain ini, Anda bisa membuat nama masjid dengan langsung menjadi bagian dari dinding utamanya. Kemudian pada kubah dibuat kekinian, menggunakan desain oval dilapisi kaca transparan atau kristal khusus yang akan menambah kesan beda. Namun anda juga perlu melihat daftar harga kubah masjid, agar pembiayaan proyek tidak terbuang ke kubah semua.

Sedangkan untuk interior, didominasi warna abu-abu dan putih dengan bilik-bilik multifungsi yang bisa dipakai untuk berbagai kegiatan keagamaan. Pada bagian mimbar, dibuat dengan desain mimbar tiga dimensi lengkap dengan kaligrafi Indahnya.

9. Artistik

Desain artistik identik dengan penerapan karya seni kaligrafi, ukiran, hingga lukisan yang akan memberikan tampilan masjid yang memukau. Perpaduan warnanya juga dibuat memiliki nilai seni tinggi, sehingga sangat berbeda dari masjid pada umumnya.

Pencahayaan pada bagian eksterior juga dibuat maksimal, sehingga tampilan masjid sudah terlihat megah dari luar. Bentuk bangunan bisa dibuat dengan dasar persegi, kemudian diberi ukiran kaligrafi pada lapisan luarnya yang dibuat oleh tenaga profesional.

Sedangkan untuk kubahnya, juga mencerminkan nilai artistik tinggi seperti bentuk yang unik dan material yang berbeda. Seperti yang disediakan anugerahkubah.co.id yang siap merealisasikan nilai artistik pada sebuah kubah masjid.

10. Serba Putih

Warna putih yang berarti suci, selalu tepat untuk dijadikan warna utama sebuah masjid. Desain kontemporer hingga minimalis, tetap akan indah ketika diberi sentuhan warna netral yang satu ini.

Tinggal memberikan perpaduan dengan material pendukung, seperti kaca cermin beraneka warna pada jendela. 

Selain itu, juga sentuhan kristal berkilauan pada bagian kubah, tentunya kaligrafi-kaligrafi dengan warna-warna netral dan menyejukkan hati. Misalnya saja warna hijau, biru, merah muda, biru langit, dan lainnya.

11. Kristal Terapung

Jika Anda ingin membangun masjid terapung, bisa menggunakan desain megah walaupun ukurannya tidak terlalu besar. Perlu diperhatikan, kekokohan dasar bangunan, kemudian pemilihan warna dan kristal-kristal atau batu alam yang dipakai.

Cukup dengan desain minimalis, namun dengan tampilan berkilau dan artistik. Hal itu sudah menjadikan sebuah masjid terapung sangat fenomenal, pastinya selalu dicari untuk beribadah yang super nyaman dan menakjubkan dengan nilai seninya.

Apapun desain yang dipilih untuk membangun sebuah masjid, perlu diperhatikan adalah kubah sebagai bagian utama. Apapun bentuknya, pasti bisa direalisasikan sebagai bagian tak terpisahkan dari sebuah masjid.

Untuk Anda yang ingin membuat kubah pada salah satu desain di atas, bisa langsung hubungi PT. Anugerah Kubah Indonesia. Berpengalaman sejak tahun 2015, menyediakan berbagai jenis kubah masjid berkualitas dan tentunya sesuai dengan desain yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *