Makanan musang

Makanan Musang

Memelihara binatang untuk dijadikan hewan peliharaan sekarang ini sudah jadi kegiatan yang digemari sebagaina besar masyarakat. Bukan hanya kucing ataupun anjing saja yang jadi primadona untuk dijadikan hewan peliharaan, sekarang ini banyak masyarakat yang mulai beralih memelihara hewan tak biasa di rumah, seperti musang salah satunya.

 Di kenal sebagai salah satu hewan hama dan kerap memagsa ayam, nyatanya musang bisa jadi hewan peliharaan yang cukup menggemaskan dan jadi hewan peliharaan favorit. Nah, jika Anda saat ini sedang berkeinginan untuk memelihara musang, ini nih makanan yang harus Anda berikan pada musang supaya bisa tumbuh dengan sehat dan juga kuat.

1. Pisang

pisang

Musang merupakan hewan omnivora, artinya hewan yang satu ini pemakan segala. Sehingga buah pun lahap ia makan, salah satunya ialah buah pisang yang jadi makanan favorit musang. Memiliki tekstur yang lembut membuat pisang sangat mudah dicernah oleh lambung musang. Terlebih untuk musang muda yang baru berumur sekitar 2 bulan. Makanan bertekstur lembut seperti pisang sangat cocok diberikan. Selain itu juga karena kandungan nutrisi dalam pisang bisa meningkatkan daya tahan tubuh musang dari serangan penyakit.

2. Pepaya

Pepaya

Sebagaimana pisang, pepaya matang pun memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang digemari oleh musang. Banyak musang yang menyukai buah yang satu ini sebagai pilihan makanan. Dalam memberikan makanan musang, ada baiknya berikan sedikitnya 2 kali dalam satu minggu untuk mencukup kebutuhan nutrisi yang musang perlukan. Anda bisa memotong kecil-kecil buah pepaya lalu letakkan pada wadah agar musang dapat memakannya dengan leluasa.

3. Nasi

Nasi

Ternyata musang juga sangat suka dengan nasi. Nutrisi dalam nasi bisa membantu proses pertumbuhan musang jadi lebih optimal. Anda bisa mencampur nasi dengan makanan tambahan lainnya seperti potongan ayam atau kecap, supaya musang makan dengan lahap. Letakkan saja nasi pada wadah khusus lalu berikan pada musang dan biarkan ia menghabiskannya sendiri.

4. Bubur Bayi

Bubur bayi

Makanan musang selanjutnya ialah bubur bayi. Jangan heran, karena bayi musang pun juga menyukai makanan ini bahkan hingga musang dewasa. Bubur bayi mengandung berbagai macam nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan gizi musang. Meskipun demikian ada baiknya jangan terlalu sering memberikan jenis makanan ini, pasalnya bisa membuat musang jadi ketagihan. Perhatikan pola makannya agar musang yang dipelihara berkembang secara optimal.

5. Susu

Susu

 Anda dapat memberikan susu pada musang sebagai variasi menu makanannya. Sebaiknya pilihlah susu putih non laktosa agar musang terhindari dari serangan diare. Pemberan susu pada musang sangat berguna agar bisa mencukupi kebutuhan nutrisi dalam masa pertumbuhan musang. Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi resiko kepincangan pada kaki musang dan membuatnya lebih aktif. Berikan susu non laktosa ini setiap empat jam sekali, khusus untuk bayi musang yang masih berumur 0-2 bulan.

6. Ayam

Ayam

sebagaimana musang liar, peliharaan musang Anda juga sangat gemar makan ayam, baik mentah maupun sudah diolah. Semua bagian ayam dapat Anda diberikan pada musang tanpa terkecuali. Dari mulai hati, daging, ceker maupun bagian kepala. Kandungan tinggi protein pada ayam akan menjadikan tubuh musang lebih gemuk dan terlihat menggemaskan.

7. Telur Rebus

Telur rebus

Selain ayam, musang juga sangat menyukai telur rebus, Anda bisa mencampurnya dengan nasi untuk makanan musang. Telur rebus dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan mata, dan juga kuku serta tulang musang. Kandungan protein dalam telur rebus dikenal ramah di perut musang. Sehingga tak menyebabkan musang mengalami diare. Anda bisa mengkombinasikan jenis makanan ini dengan buah-buahan lainnya agar pencernaan musang tetap terjaga dan tidak terganggu.

8. Jangkrik

Jangkrik

Jangkrik diberikan hanya sebagai makanan tambahan untuk musang dan jangan terlalu sering diberikan. Anda bisa membatasinya 2 kali seminggu. Karena jika terlalu sering bisa menyebabkan bulu musang jadi rontok dan kotorannya jadi lebih bau dari biasanya.

9. Capung

Capung

Alternatif makanan musang yang selanjutnya ialah capung. Pemberian capung sebagai alternatif makanan dipercaya mampu merangsang musang bergerak jauh lebih lincah sekaligus meningkatkan gairahnya. Karena itu, ada baiknya berikan capung yang masih dalam keadaan hidup untuk makanan musang kamu kurang lebih 2 kali saja dalam seminggu saja, jadi bukan setiap hari. Protein yang terkandung dalam capung bisa mendukung pertumbuhan otot musang jadi lebih baik.

10. Cacing

Cacing

Tak hanya bisa digunakan untuk pakan burung, Anda juga bisa memberikan cacing sebagai makanan musang. Meski sedikit susah mendapatkannya, karena harus menggali tanah lebih dulu. Ternyata, cacing memiliki kandungan protein cukup tinggi dibanding dengan ikan, daging ayam ataupun rajungan. Karenanya sangat baik untuk diberikan pada musang yang baru berumur 2 hingga 4 bulan, pasalnya di masa tersebut musang sangat butuh protein untuk proses perkembangan.

11. Madu

Madu

Madu juga bisa digunakan sebagai makanan musang. Rasanya yang manis sangat disukai para musang. Namun, pemberian madu hanya untuk musang dewasa saja, karena tidak cocok untuk musang baru lahir. Berbagai macam kandungan yang ada dalam madu dapat mengganggu pencernaan bayi musang. Madu tersebut bisa Anda campur dengan air minum musang. Pemberian madu dapat menguatkan daya tahan tubuh musang, hingga membuat nafsu makannya bertambah.

12. Kedelai

Kedelai

 Pemberian kedelai hanya digunakan sebagai makanan tambahan saja. Sebaiknya berikan kedelai  1-2 kali saja dalam seminggu. Untuk pemberian kedelai sebagai makanan musang, Anda bisa mengukusnya lebih dulu sampai benar-benar lunak. Kemudian dinginkan di suhu ruang, baru berikan pada musang. Serat yang terkandung dalam kedelai memiliki fungsi untuk memperbaiki sistem pencernaan dan juga menambah kebutuhan asupan protein.

13. Jagung

Jagung

Alternatif makanan musang selanjutnya ialah Jagung manis. Tingginya kandungan serat pada jagung bisa membantu proses pencernaan musang jadi lebih baik. Selain itu, serat dalam jagung juga akan lebih mudah untuk dikonsumsi di lambung musang dibanding kedelai. Untuk penyajiannya, Anda tinggal menyerut jagung dari bonggolnya kemudian  rebus  hingga lunak lalu berikan pada musang kesayangan.

14. Bekicot

Bekicot

Anda juga bisa memberikan bekicot sebagai alternatif makanan musang. Jenis makanan ini sangat baik untuk musang, karena dapat membuat bulu musang jadi lebih tebal dan cerah sekaligus mencegah kerontokan. Ini karena kandungan asam folat serta asam amino pada bekicot yang bisa membantu menjaga kesehatan bulu musang. Kandungan proteinnya juga baik untuk menggemukan musang.

15. Suplemen Kalsium

Suplemen Kalsium

Musang yang masih berumur 2-3 bulan sangat rentan mengalami kekurangan kalsium dan bisa menyebabkan kepincangan hingga menyebabkan lumpuh. Maka dari itu, berikan suplemen kalsium sejak musang masih bayi. Meskipun begitu, berikan suplemen tersebut sesuai takaran dan jangan berlebihan. Karena bisa menyebabkan masalah pencernaan pada musang. Cukup berikan 1 kali seminggu.

Nah demikian tadi informasi tentang makanan musang yang baik untuk membuat musang peliharaan Anda di rumah jadi lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *