Manfaat Buah Menteng Untuk Kesehatan

Ada begitu banyak jenis buah unik yang punya bentuk serupa yang bisa ditemui di Indonesia, salah satunya ialah buah menteng. Sekilas, buah ini memiliki bentuk yang mirip sekali dengan buah duku namun memiliki rasa asam yang menyegarkan. Daging buahnya yang berwarna ungu dan putih segar ternyata mengandung banyak nutrisi, dari mulai kalsium, protein, zat besi, lemak, fosfor, vitamin A, B dan juga C serta banyak lagi.

Karenanya tak heran jika buah unik yang satu ini punya banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat  buah menteng untuk kesehatan, diantaranya.

1. Menjaga Indera Penglihatan

Organ penglihatan menjadi salah satu yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Bukan cuma mengurangi intensitas penggunaan gadget, Anda juga bisa meningkatkan konsumsi buah dan juga sayur yang tinggi kandungan vitamin A. Manfaat buah menteng yang pertama ialah membantu menjaga kesehatan organ mata. Karena Anda dapat mendapatkan vitamin A yang berlimpah di buah menteng tersebut.

2. Efektif Mengatasi Masalah Pencernaan

Organ pencernaan yang terjaga dengan baik tentu akan menjauhkan Anda dari berbagai penyakit. Dari mulai mulas, diare, kembung, dan lain sebagainya. Meskipun memiliki rasa yang asam, buah menteng sudah sejak dulu dipercaya mampu mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Ditambah lagi dengan asupan makanan sehat juga harus selalu diperhatikan supaya kesehatan pencernaan tetap terjaga dengan baik.

3. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Siapa sih yang ingin terlihat tua dari usia aslinya? Tentunya semua orang pasti ingin memiliki wajah yang awet muda. Nah, manfaat buah menteng yang satu ini sangat baik untuk membuat kesehatan kulit tetap terjaga dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Ini karena di dalam buah menteng terkandung senyawa antioksidan yang luar biasa. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dan teratur, sama halnya Anda sedang menjaga kulit tetap awet muda dan sehat. Tapi, hal ini juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat, agar hasilnya semakin maksimal.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain vitamin, buah menteng juga kaya akan kandungan kalsium dan juga mineral. Inilah yang membuat buah menteng sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan tulang serta gigi. Terlebih lagi, merawat kesehatan tulang serta gigi sangat baik jika dilakukan sejak usia muda. Karena akan membuat tulang lebih sehat saat nanti sudah berusia tua.

5. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Tak ada yang menyangka, jika buah yang memiliki rasa asam ini ternyata sangat baik untuk kesehatan organ reproduksi wanita. Ini menjadi salah satu manfaat buah menteng yang begitu luar biasa. Konsumsi buah dengan rasa asam tersebut saat masa menstruasi berlangsung bisa membantu melancarkan dan mengurangi rasa nyeri yang mungkin timbul. Karenanya, jangan anggap sepele buah yang punya rasa asam yang satu ini.

6. Sebagai Sumber Antioksidan

Menurut sejumlah penelitian, daging dari buah menteng mengandung banyak sekali senyawa antioksidan. Diantaranya seperti fenol, flavonoid, dan juga terpenoid. Ketiga kandungan tersebut merupakan senyawa antioksidan dengan potensi manfaat yang luar biasa. Terutama untuk memerangi sejumlah penyakit degeneratif akibat munculnya paparan radikal bebas. Misalnya penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis penyakit kanker.

Senyawa antioksidan dalam buah menteng juga diperoleh dari asam galat yang lebih banyak ditemukan di bagian kulit buahnya. Tapi jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding yang ada di daging buahnya. Meskipun buah menteng mengandung sejumlah zat antioksidan namun jumlahnya sangat sedikit dibanding  dengan vitamin C. Karena itu Anda perlu mengkonsumsi jenis buah lainnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

7. Mencegah Anemia

Selanjutnya dari manfaat buah menteng adalah membantu proses pembentukan sel darah merah. Sehingga tubuh akan mendapatkan suplai darah sel merah secara maksimal. Karenanya tubuh pun jadi lebih sehat bertenaga. Ditambah lagi,  konsumsi buah menteng secara rutin juga akan mencegah tubuh terkena anemia dan menjadikan peredaran darah jadi lebih lancar. Hal tersebut kemudian berimbas pada kinerja organ kardiovaskular menjadi lebih ringan dan meminimalisir masalah yang ada.

Nah, demikian tadi informasi menarik tentang manfaat buah menteng yang luar biasa untuk kesehatan. Meskipun rasa buahnya cukup asam tapi namun manfaatnya untuk kesehatan tak boleh dianggap sepele. Tapi, perlu juga diimbangi dengan konsumsi buah dan sayuran yang lain agar kebutuhan nutrisi tubuh bisa terpenuhi secara cukup. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *