Manfaat Sayur Kenikir Untuk Kesehatan

Sayur kenikir kerap dikonsumsi sebagai lalapan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya kerap dijadikan sebagai obat tradisional.

Sayur kenikir dianggap salah satu jenis makanan sehat karena sejumlah nutrisi di dalamnya. Tak hanya sebagai makanan, sayur kenikir dipercaya mampu mencegah hingga mengatasi penyakit tertentu, seperti darah tinggi hingga diabetes. Benarkah demikian, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Bagus untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang muncul karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi akibat hormon insulin di dalam tubuh tak mampu bekerja secara efektif. Berdasarkan sejumlah penelitian, diperoleh fakta jika salah satu manfaat sayur kenikir ialah memperbaiki kinerja hormon insulin di dalam tubuh. Serta menghambat terjadinya penyerapan glukosa di dalam sistem pencernaan. Dengan begitu, kadar gula dalam darah pun bisa lebih terkendali. Itulah mengapa, manfaat sayur kenikir dianggap sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes, salah satunya tipe 2.

Membuat Tekanan Darah Stabil

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah di dalam tubuh meningkat hingga jauh melampaui nilai normalnya. Menurut hasil penelitian, diketahui jika daun kenikir ternyata memiliki sifat diuretik. Hal ini diketahui banyak digunakan untuk membuat tekanan darah jadi turun dan stabil. Penelitian tersebut juga menyebut jika daun kenikir juga memiliki cara kerja yang hampir sama dengan obat khusus penderita hipertensi golongan ACE-inhibitor. Tapi, sayangnya efektivitas serta dosis aman konsumsinya belum diketahui secara jelas, dan masih butuh penelitian lebih lanjut lagi.

Mencegah Masalah Pengeroposan Tulang

Manfaat sayur kenikir ini diduga berkat adanya kandungan kalsium dan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Sebuah studi menemukan jika daun kenikir mempunyai efek yang cukup baik dalam proses pembentukan serta meningkatkan kekuatan tulang sehingga mampu mencegah adanya masalah pengeroposan tulang.

Mencegah Risiko Kanker

Ada sebuah kajian ilmiah yang menyebutkan jika ekstrak daun kenikir mengandung antioksidan yang cukup tinggi terlihat mampu menghambat terjadinya pertumbuhan sel kanker. Meskipun demikian, masih perlu penelitian yang lebih mendalam untuk menemukan potensi manfaatnya untuk mencegah munculnya risiko kanker. 

Selain sejumlah manfaat baik di atas, sayur kenikir juga mengandung antioksidan dan juga anti radang yang mampu mencegah terjadinya kerusakan sel. Meskipun diyakini memiliki banyak manfaat, sayur kenikir sebaiknya dikonsumsi dengan wajar dan seimbang. Karena konsumsi secara berlebihan bisa memicu kerusakan pada organ hati. Sebelum dikonsumsi sebaiknya cuci bersih daun kenikir, bisa dijadikan lalap dimakan mentah atau direbus terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *