materi voli

Materi Voli Lengkap | Teknik | Lapangan | Pemain | Penjelasan

Materi Voli – Permainan bola voli memang sudah banyak digemari masyarakat Indonesia. Walaupun masih kalah dengan sepak bola, tapi permainan yang satu ini juga tidak bisa diremehkan.

Pasalnya, sejarah serta minat masyarakat Indonesia masih tinggi dengan permainan yang satu ini. Berikut kami rangkum materi voli untuk lebih menambah wawasan seputar permainan bola yang satu ini.

Teknik Materi Voli

materi voli

1. Pemahaman Teknik

Tehnik merupakan satu proses melahirkan keaktifan jasmani serta pembuktian satu peraktek dengan sebaik-baiknya untuk merampungkan pekerjaan yang tentu dalam cabang berolahraga (terutamanya cabang permainan bola voli).

Tehnik disebutkan baik jika dari sisi anatomis/fisiologis mekanik serta mental tercukupi dengan benar persyaratannya.

Jika diaplikasikan perolehan prestasi optimal untuk menganalisa pergerakan tehnik, biasanya beberapa guru atau pelatih akan mengoreksi serta melakukan perbaikan.

2. Tehnik Perebutan Bola

Agar bisa kuasai bola dengan optimal serta prima seseorang pemain sekurang-kurangnya mesti mempunyai beberapa kemampuan.

Seperti dapat lakukan passing atas dengan baik serta benar dari teknik basic ini tidak diacuhkan serta mesti dilatih dengn baik, seorang mesti memahami serta betul-betul bisa kuasai tehnik perebutan bola dengan baik serta terus-terusan, (Dleter Beullteshtahl. 1986 : 9).

Supaya bisa bermain bola voli dengan baik, seorang mesti memahami serta benar-berar bisa kuasai tehnik perebutan bola dengan baik. Dengan kuasai tehnik perebutan bola serta latihan yang continue diinginkan nanti bisa bermain bola voli dengan baik serta benar.

3. Passing Bawah

Passing bawah umumnya dipakai oleh beberapa pemain bila bola datangnya rendah, baik untuk dioperkan pada rekan seregunya ataupun untuk dikembalikan ke lapangan lawan melalui atas jaring atau net.

4. Passing Atas

Passing atas atau passing tangan atas merupakan langkah pemungutan bola atau mengoper dari atas kepala dengan jari-jari tangan. Bola yang hadir dari atas diambil dengan jari-jari tangan diatas, agak di muka kepala.

Pergerakan passing bawah serta passing atas yang tunjukkan jika dipakai passing bawah ketika bola yang datangnya rendah atau ada di muka dada, sedang passing atas dipakai jika bola datangnya diatas atau melambung.

Dengan begitu bisa diambil kesimpulan jika untuk terima bola service lebih baik serta pas memakai passing bawah dibanding dengan passing atas, karena umumnya bola sevice datangnya rendah serta ada di muka dada.

5. Service Bawah

Service bawah merupakan langkah lakukan pukulan permukaan dari petak service dengan memukul bola dengan tangan dari bawah menjadi usaha menghidupkan bola dalam permainan.

Teknik service yang dikerjakan dengan tangan bawah, siku diluruskan serta ayunan tangan dari belakang ke depan lewat samping tubuh, diantaranya tangan memegang bola serta bola itu dilambungkan baru dipukul.

6. Service Lompat

Service lompat merupakan langkah lakukan pukulan permulaan di daerah service dengan melompat sesudah bola dilambungkan dengan satu tangan atau dua tangan.

Teknik Service lompat dikerjakan dengan bola dilambungkan dengan satu atau dua tangan. Demikian bola dilambungkan dibarengi dengan melompat serta diupayakan bola ada diatas depan kepala.

Jika bola sudah ada diatas depan kepala jadi cepatlah tangan kanan dipukulkan pada bola secepat-cepatnya.

7. Bloking

Membendung (Bloking) merupakan bentuk pergerakan seorang atau sebagian orang pemain yang ada didekat net/pemain depan.

Arah untuk menutupi atau membendung datangnya bola dari lapangan lawan, triknya dengan menjulurkan ke-2 tangan ke atas dengan ketinggian yang kanan tambah tinggi dari tepian atau bibir net.

Saat lakukan blocking perhatian mesti terus-terusan pada bola, tempat smasher pada bola serta pendangan mata daripada smasher. Untuk sesuaikan pada arah datangnya smash.

Jadi butuh membuat langkah atau tahap ke samping kiri atau ke kanan dengan tujuan supaya setiap waktu bisa melompat ke atas untuk lakukan blocking.

8. Materi Voli Passing Atas

Passing atas adalah tehnik perebutan bola yang terpenting untuk dipelajari. Passing atas merupakan bisa disimpulkan menyediakan bola atau mengoper bola dengan memakai jari tangan pada lawan atau secara langsung ke lapangan lawan.

Selain itu passing atas yang baik akan memengaruhi didalam kompetisi tapi hal seperti ini lebih menonjol dalam kompetisi tingkat tinggi dibanding pada kompetisi yang lebih rendah.

Waktu lakukan passing atas mesti dilihat banyak hal, seperti yang di kembangkan oleh Engkos Kosasih seperti berikut :

  • Konsentrasi untuk lakukan passing atas.
  • Berlatih serta beradaptasi untuk kuasai bola.
  • Lihat serta tekuni di mana tempat tempatkan bola yang pas.
  • Kenali tempat lemah regu lawan

Materi Voli Seputar Lapangan

materi voli

1. Lapangan serta Ukurannya

Lapangan permainan bola voli berupa persegi panjang dengan ukuran panjang 18 m serta lebar 9 m, semua garis batas lapangan, garis tengah, garis daerah serang merupakan 3 m (daerah depan).

batas itu dikasih sinyal batas dengan memakai tali, kayu, cat/kapur, kertas yang lebarnya tidak lebih dari 5 cm. lapangan permainan bola voli terdiri jadi dua sisi sama besar yang semasing luasnya 9 x 9 mtr.

Di dalam lapangan dibatasi garis tengah yang membagi lapangan jadi dua sisi sama besar. Semasing lapangan terbagi dalam atas daerah serang serta daerah pertahanan.

Daerah serang yakni daerah yang dibatasi oleh garis tengah lapangan dengan garis serang yang luasnya 9 x 3 mtr..

2. Daerah Servise

Daerah service merupakan daerah selebar 9 mtr. di belakang tiap-tiap garis akhir. Wilayah ini dibatasi oleh dua garis pendek selama 15 cm yang dibikin 20 cm di belakang garis akhir, menjadi kepanjangan dari garis samping.

Ke-2 garis pendek itu telah termasuk juga didalam batas daerah service, perpanjangan daerah service merupakan kebelakang sampai batas akhir daerah bebas.

3. Jaring (Net)

Jaring untuk permainan bola voli memiliki ukuran tidak lebih dari 9, 50 mtr. serta lebar tidak lebih dari 1, 00 mtr.

Dengan petak-petak atau mata jaring memiliki ukuran 10 x 10 cm, tinggi net untuk putra 2, 43 mtr. serta untuk putri 2, 24 mtr., tepian atas ada pita putih selebar 5 cm.

4. Antene Rod

Didalam kompetisi permainan bola voli yang sifatnya nasional ataupun internasional, diatas batas samping jaring dipasang tongkat atau rod yang menonjol ke atas setinggi 80 cm dari pinggir jaring atau bibir net.

Tongkat itu terbuat berbahan fibergelas dengan ukuran panjang 180 cm dengan dikasih warna kontras.

5. Bola

Bola mesti bulat terbuat dari kulit yang lentur atau terbuat dari kulit sintetis yang sisi dalamnya dari karet atau bahan yang semacam. Warna bola mesti satu warna atau gabungan dari beberapa warna.

Bahan kulit sintetis serta gabungan warna pada bola dipakai pada kompetisi sah internasional mesti sama dengan standard FIVB.

Keliling bola 64 – 67 cm serta beratnya 260 – 280 grm, desakan di dalam bola mesti 0, 39 – 0, 325 kg/cm2 (4, 26 – 4, 61 Psi) (294, 3 – 318, 82 mbar/hpa).

Materi Voli Pemain

materi voli

Jumlahnya pemain dalam lapangan permainan sekitar 6 orang tiap-tiap regu serta ditambah 5 orang menjadi pemain pengganti serta satu orang pemain libero.

Satu team optimal terbagi dalam 12 pemain, saru coach, satu skema coach, satu trainer, serta satu dokter medis, terkecuali libero, satu dari beberapa pemain merupakan kapten team, dia mesti dikasih sinyal dalam skor sheet.

Itulah materi voli singkat yang bisa menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *