nama bola bulu tangkis

Penjelasan Nama Bola Bulu Tangkis Lengkap | Jenis | Sejarah

Nama Bola Bulu Tangkis – Mungkin ada beberapa orang yang suka lupa dengan suatu hal. Contohnya saja nama bola bulu tangkis, kalau pun ingat, apakah sudah benar pengucapan dan ejaan? Yuk simak.

Seperti halnya olahraga yang lain. dalam bulu tangkis atau badminton juga memakai sebuah bola dalam pertandingan. Tapi, bola pada bulu tangkis ini memiliki bentuk yang tidak bundar, sehingga memiliki nama lain.

Bentuk dari bola badminton lebih mirip seperti kerucut. Oleh karena itu, nama bola bulu tangkis tidak sebut sebagi “bola”, melainkan “shuttlecock”. Atau orang indonesia sering menyebutnya dengan nama “kok”.

Histori Kok (Shuttlecock)

nama bola bulu tangkis

Awalannya, tidak hanya memakai gabus, kok atau shuttlecock juga dibikin memakai bulu ayam, itu penyebabnya bola bulu tangkis dinamakan dengan sebutan “cock” (bhs Inggris ayam jantan merupakan “cock”).

Akan tetapi karena dalam bhs Inggris kata “cock” juga mempunyai konotasi negatif, karena itu penamaan bola bulu tangkis dimaksud jadi shuttlecock. Kata “Shuttle” datang dari gerak bolak-balik yang seringkali dikerjakan pemain saat laga bulu tangkis di lapangan.

Seiring berjalannya waktu, kok tak akan dibikin memakai bulu ayam, tetapi bulu angsa. Bulu yang dipakai merupakan bulu dari sayap kirinya saja, ini untuk mengawasi supaya shuttlecock dapat berputar-putar dengan berkelanjutan.

Shuttlecock juga dibuat dengan aerodinamis serta konstan seperti pesawat ulang-alik memakai alat tenun.

Karakter/Standard Kok

nama bola bulu tangkis

Dalam membuat kok, tidak bisa asal buat. Ada standard yang perlu dipatuhi.. Standard ini diputuskan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia atau The Badminton World Federation (BWF), yakni :

  1. Kok mesti mempunyai 16 buah bulu
  2. Semua bulu pada kok mesti mempunyai panjang yang sama pada 62mm-70mm
  3. Ujung dari bulu-bulu itu mesti ditancapkan dengan tersusun membuat lingkaran dengan diameter pada 58mm-68mm.
  4. Bulu-bulu itu mesti tergabung jadi satu kesatuan yang kuat.
  5. Pangkal kok yang terbuat dari gabus mesti dibuat 1/2 bola dengan diameter pada 25mm-28mm.
  6. Berat kok mesti pada 4, 47 gr sampai 5, 50 gr.

Kok Plastik

nama bola bulu tangkis

Karena kok yang terbuat dari bulu begitu ringkih serta gampang pecah, karena itu dalam 1x laga umumnya akan dikerjakan seringkali perubahan kok.

Oleh karenanya, karena itu dibuatlah kok yang terbuat berbahan plastik. Memiliki bentuk sama juga seperti kok dari bulu, cuma saja berbahan berlainan.

Kok plastik harga nya tambah murah, juga lebih bertahan lama. Oleh karenanya menjadi fasilitas latihan umumnya orang seringkali memakai kok plastik untuk berlatih atau berlaga dalam laga tidak sah, terpenting beberapa orang yang tinggal di Eropa serta Amerika Utara. Mengapa?

Di Asia, kok bulu tangkis di jual dengan harga yang murah. Berlainan dengan di Amerika Serikat serta Eropa, yang manakah kok di jual dengan harga yang tambah mahal. Jadi umumnya saat latihan, ada ketidaksamaan pemakaian kok di sejumlah negara.

Di Eropa serta Amerika Utara di mana harga kok cukuplah mahal umumnya seringkali memakai kok plastik saat latihan atau berlaga biasa. Sesaat di Asia termasuk juga di Indonesia, begitu jarang, bahkan juga benar-benar tidak ada orang yang memakai kok plastik. Harga kok bulu yang dapat dijangkau di Asia membuat pemain di lokasi ini hampir tetap memakai kok bulu.

Walau demikian, dalam laga sah, kok yang dipakai cuma bisa memakai kok bulu. BWF telah memastikan jika dalam laga sah, kok yang dipakai mesti kok asli yang terbuat dari bulu.

Panduan Memelihara Shuttlecock Supaya Awet

Untuk mengawasi supaya kok awet, kok mesti dilembabkan (bukan basah) minimum saat 4 jam sebelum bermain untuk mengawasi supaya kok dapat terbang dengan jarak yang benar serta dengan kecepatan yang pas, maksudnya juga supaya kok dapat bertahan lebih lama.

Alasannya, bulu kok yang kering ringkih serta gampang pecah, yang pada akhirnya membuat kok jadi goyah.

Akan tetapi, bulu yang sangat basah atau lembek akan membuat bentuk kerucut kok menyempit yang membuat kok terbang sangat cepat atau jauh. Karena itu, umumnya dalam melembabkan kok dipakai kotak humidifikasi.

Utamanya, kita mesti mengawasi shuttlecock supaya masih ada pada suhu ruang. Janganlah terserang cahaya matahari secara langsung atau ada di dasbor mobil.

Semestinya taruh shuttlecock dalam kamar mandi, karena kelembapan kamar mandi akan mengawasi shuttlecock masih awet.

Itulah sedikit penjelasan tentang shuttlecock. Sekarang Anda tahu kan, nama bola bulu tangkis. Semoga arti ini bisa menambah wawasan kita, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *