Pengertian AC | Bagian | Jenis | Manfaat | Masalah | Perawatan

Pengertian AC – Pada umumnya pemahaman dari AC (Air Conditioner) satu serangkaian mesin yang mempunyai manfaat menjadi pendingin hawa yang ada di seputar mesin pendingin itu.

Dengan spesial pemahaman dari AC (Air Conditioner) merupakan satu mesin yang di pakai untuk mendinginkan hawa lewat cara mensirkulasikan gas refrigerant ada di pipa yang di tekan serta di hisap oleh kompresor.

Penulis akan menuturkan langkah kerja AC terutamanya pada AC split yang seringkali dipakai di Mall, Sekolah, Perkantoran, Perusahaan, dan lain-lain.

Bagian-bagian AC (Air Conditioner) Bersama Fungsinya.

pengertian ac

1. Compressor (komfersi).

Yakni berperan untuk memompa gas refrigerant.

2. Recervoir.

3. Condensor (penguapan).

Berperan untuk tempat pembuangan temperatur panas

4. Evaporator (pengembunan).

Berperan untuk tempat pembuangan temperatur dingin

5. Filter Dryer.

Berperan menjadi penyaring sisa-sisa kotoran gas serta oli

6. Motor Fan Serta Blower.

Motor berperan untuk memutar kipas fan serta blower supaya berlangsung nya aliran hawa.

Beberapa jenis AC (Air Conditioner)

pengertian ac

1) Pengertian AC Split

Dipandang dari sisi memiliki bentuk AC Split ini mempunyai dua sisi yakni indoor serta uotdoor, compressor pada AC Split in terdapat di bagian outdoornya serta mempunyai kipas menjadi alat untuk kurangi panas yang ada di pipa kondensornya.

Sedang di bagian indoornya ada pipa evaporator serta motor listrik yang berperan memutar blower dan dikeluarkan pada ruang yang sudah di tetapkan hingga ruang itu jadi dingin

Prinsip kerja pada AC Split merupakan diawali dari kompresor. Kompresor memompa gas yang bertekanan tinggi serta bersuhu tinggi lewat pipa tekan (Discharge) ke kondensor.

Didalam kondensor suhu gas yang tinggi dibuang oleh Fan yang terdapat pada Outdoor unit, hingga suhu gas refrigerant jadi dingin. Sesudah lewat Condensor gas refrigerant masuk ke Filter Dryer untuk disaring, supaya gas yang mengalir tidak ada kotoran.

Sesudah melalui pipa kapiler freon akan menguap serta ambil panas di dalam Evaporator yang hampa hawa. Hingga pipa-pipa di evaporator jadi dingin serta dihembuskan oleh fan motor yang ada pada Indoor unit. Proses ini selalu berulang saat AC dipakai.

2) AC Window

Pengertian AC

Pada AC Window ini mempunyai bentuk yang berlainan dengan bentuk yang lain, yakni pada indoor serta outdoornya mempunyai tempat yang sama (menyatu), hingga tidak membutuhkan penambahan pipa pada indoor serta outdoor AC itu.

Di dalam pemasangan AC Window ini, kita mesti melubangi tembok ruang yang akan di pasang itu. Letak indoornya ada didalam ruang serta letak outdoornya ada diluar ruang.

Tembok pembatas ini begitu di butuhkan supaya hawa panas yang ada diluar ruang tidak masuk ke ruang yang bersuhu rendah, yang bisa menyebabkan rusaknya pada compressor AC Window itu.

Beberapa bagian AC Window

pengertian ac

a) Compressor (kompersi)

Yakni berperan untuk memompa gas freon atau gas Refrigerant ke semua skema AC panas yang diserap dari evaporator serta di keluarkan lewat kondensor.

b) Condensor (penguapan)
Yakni berperan untuk buang temperatur panas pada outdoor.

c) Recervoir

Berperan untuk menaruh gas dari condensor sebelum disalurkan ke compressor.

d) Evaporator

Berperan untuk menyerap hawa panas jadi dingin.

e) Filter Dryer

Berperan untuk menyaring sisa-sisa kotoran gas serta oli.

f) Motor Fan serta Blower

Motor berperan untuk memutar kipas fan serta blower.

Blower berperan untuk mensirkulasikan hawa yang ada di seputar evaporator.

g) HPS (High Pressure Switch)

Yakni berperan untuk megukur desakan tinggi atau kuatnya gas.

h) LPS (Low Pressure Switch)

Yakni berperan untuk mengukur desakan lemah atau rendahnya gas.

Manfaat AC

1. Temperatur Nyaman pada AC

Untuk membuat temperatur dalam ruang jadi nyaman serta sejuk seperti yang diharapkan, sedapat mungkin temperatur hawa ditata atau dikondisikan terlebih dulu.

Proses mendinginkan atau turunkan temperatur hawa butuh dikerjakan saat temperatur hawa didalam serta luar ruang tinggi (panas).

Demikian sebaliknya, proses memanaskan atau meningkatkan temperatur hawa dikerjakan saat temperatur didalam serta luar ruang begitu rendah (dingin), seperti keadaan bersalju di daerah yang mempunyai empat musim.

Badan manusia sebetulnya mempunyai potensi untuk beradaptasi dengan lingkungan. Di lingkungan yang dingin, aliran darah serta pori-pori kulit mengerut. Hal tersebut berperan supaya panas atau kalori badan masih terbangun.

Mengakibatkan, permukaan kulit bisa menjadi lebih dingin. Demikian sebaliknya dalam keadaan lingkungan yang panas, aliran darah serta pori-pori kulit akan mengembang supaya panas dapat dengan ringan di keluarkan dari pada tubuh.

Mengakibatkan, permukaan kulit condong basah karena keringat menjadi proses penguapan untuk melindungi suhu badan. Kesimpulannya merupakan pada intinya badan manusia mampu menjaga keadaan badan dalam beberapa kondisi.

Akan tetapi, tentulah tiap-tiap manusia mempunyai batasan yang berlainan untuk menyesuaikan serta mengkondisikan suhu badan saat temperatur di sekitarnya beralih dengan mendadak.

2. Kelembaban Hawa pada AC

Pada temperatur hawa yang panas, mendinginkan hawa saja belumlah cukuplah untuk mendapat udara sejuk saat kelembaban hawa ruang masih tetap tinggi.

Pada tingkat kelembaban yang rendah, condong membuat badan merasa lebih sejuk serta nyaman karena keringat akan ringan terangkat dari pori-pori kulit. Di ruangan ber-AC, makin dingin suhu ruang, bermakna makin banyak uap air yang di keluarkan dari ruang.

Seperti ketika penyusunan temperatur AC sangat dingin, jadi meakibatkan kelembaban hawa ruang jadi rendah di lebih lagi dengan pemakaian AC saat berjam-jam.

Bila keadaan ini dilewatkan, kelembaban ruang akan makin rendah atau melewai batas gawat. Hal seperti ini dapat juga mengakibatkan dampak kekeringan pada kulit. Mengakibatkan, sering badan rasakan ketidaknyamanan, seperti pegal-pegal atau pusing.

Untuk lakukan antisipasi melindungi kelembaban hawa yaitu dengan menempatkan handuk basah atau satu gelas air didalam ruang ber-AC. Langkah semacam ini dapat menjaga serta melindungi kelembaban hawa ruang.

3. Hawa Bersih pada AC

Pada tiap-tiap unit AC, umumnya diperlengkapi dengan filter hawa yang terpasang di bagian evaporator (indoor). Filter itu bermanfaat untuk menyaring hawa kotor didalam ruang.

Karena itu, unit AC membutuhkan pembersihan yang benar serta dengan berkala baik pada komponen filter ataupun evaporatornya.

Ini dibutuhkan supaya kesejukan serta kebersihan hawa didalam ruang masih terbangun serta supaya tidak memunculkan kemungkinan jelek buat kesehatan.

Masalah-Masalah Yang Di Hadapi

1. Pengertian AC (Air Conditioner) yang membeku (jadi es).

AC (Air Conditioner) membeku (jadi es) juga bisa karena sebab ACnya kotor, kekurangan gas freon/refrigerant, serta rusaknya pada motor fannya. Langkah Mengatasinya :

a) Kalaupun AC membeku (jadi es) dikarenakan karena kotor.

Langkah mengatasinya kita cukup hanya bersihkan beberapa bagian dalam AC yang kotor/membersihkan AC itu.

b) Kalaupun filter dryernya mampet compressor bekerja tidak konstan, bisa mengakibatkan compressor overload.

Langkah tahu filter dryernya mampet bisa disaksikan dari pipa katup buangnya dingin, sedang wajarnya pipa katup buang itu panas, panasnya bisa disaksikan dari berapakah kemampuan compressor itu.

Kalaupun filternya telah mampet tidak dapat diperbaiki lagi serta kita mesti ganti filter yang baru.

c) Kalaupun Compressor kekurangan gas freon/gas refrigerant jadi AC dapat juga jadi beku (jadi es), karena gas yang dipompa oleh compressor dikit.

2. Pengertian AC Split yang tidak dingin

AC Split yang tidak dingin, biasanya dikarenakan oleh Freon yang habis atau outdoor yang telah kotor hingga dalam proses pendinginan tidak optimal. Langkah Mengatasinya :

a) Kalaupun Freon Habis isi kembali dengan menggunakan Refrigerant 22 memakai alat Regulator ke kompresor.

b) Apabila kotor membersihkan outdoor unit dengan hati-hati, semestinya matikan terlebih dulu sumber arus pada Outdoor itu.

Perawatan Pada Pengertian AC (Air Conditioner)

Hal yang perlu di kerjakan supaya AC (Air Conditioner) bisa bekerja dengan baik, antar lainnya :

a) Jagalah AC dari debu serta air hujan.
b) Jagalah ruang AC dari asap, berbau yang tidak enak serta tidaklah terlalu panas.
c) Untuk kurangi pemborosan bahan AC ruang, hindari hawa luar kebanyakan masuk dengan cara langsung dalam ruang yang dipasang AC.
d) Membersihkan kisi-kisi ventilasi Evaporator dari kotoran debu minimum 3 kali dalam setahun.
e) Kerjakan perawatan pada AC sekerap mungkin saja supaya AC itu berperan dengan baik serta bisa dipakai lebih lama oleh penggunanya.
f) Perbaikilah secara langsung sisi AC yang alami rusaknya, baik itu rusaknya yang besar maupun rusaknya kecil.
g) Janganlah dibiarkan keadaan AC menyala terus-terusan, bila tidak di pakai cepatlah matikan AC.

Itulah penjelasan seputar Pengertian AC, Bagian, Jenis, Manfaat, Masalah, Perawatan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *