Pengertian dan Kegunaan Motif Ragam Hias Flora

Pengertian dan Kegunaan Motif Ragam Hias Flora

Ragam hias flora dalam bahasa Yunani disebut oranere yang berarti hiasan atau menghias. Kegiatan seni rupa satu ini adalah sekian dari jenis ragam hias yang menggunakan flora sebagai motifnya. Ragam hias flora bertujuan menjadi elemen tambahan yang bisa membantu tampilan agar terlihat lebih menarik dan indah. Keberdaannya kerap ditambahkan pada karya-karya seni rupa Indonesia. Cara penerapannya akan menggunakan pattern flora yang dipasang secara berulang. Flora merupakan kata lain dari tumbuh-tumbuhan. Jadi sudah jelas bila ragam hias flora memanfaatkan desain bunga dan tumbuh-tumbuhan.

Aneka Pola Ragam Hias Flora

Aneka Pola Ragam Hias Flora

Motif ragam hias flora kerap ditemukan pada karya seni rupa 2 dimensi. Bahkan tidak sedikit juga diterapkan pada karya seni rupa 3 dimensi. Motif hias flora bila diterapkan pada karya seni 3 dimensi terasa lebih hidup, pasalnya kita bisa melihat wujud dan massa pattern hingga terasa nyata. Di Indonesia sendiri penerapan teknik ini sudah tersebar. Pola dari ragam hias flora memili beberapa bentuk yakni pattern harus membentuk pola simetris atau asimetris, geometris.

Penggunaan pattern flora memanfaatkan pola simetris agar terlihat lebih teratur dan rapi. Sebab saat membuat pola simetris, pattern diletakan seimbang dari segala sisi menggunakan motif flora yang sama. Sehingga memberi tampilan flora yang berulang dan harmonis. Hal ini berbanding terbalik dengan penerapan teknik asimetris. Pattern bisa dipilih yang tidak semotif, selain itu pada saat diaplikasikan tidak memiliki pola yang seirama. Karena pattern akan diaplikasikan secara acak tanpa merusak hasil tampilan.

Sementara menerapkan ragam hias floral dengan bentuk geometris biasanya mengikuti pola tertentu. Seperti pattern floral ditempelkan menggunakan pola zig zag, silang atau membentuk lingkaran. Semua pola akan dilakukan secara berulang baik vertikal ataupun horisontal. Pola seperti ini sangat mudah ditemukan pada motif kain batik cetak.

Tujuan Diterapkan Ragam Hias Flora

Tujuan Diterapkan Ragam Hias Flora

Tujuan diterapkannya teknik ragam hias menggunakan pattern flora adalah untuk menghilangkan ruang kosong pada bidang karya seni rupa, seperti lukisan, kain, guci, furnitur kayu. Karena ditata dengan sangat apik tampilan pattern flora justru menjadi elemen penting yang bisa menonjolkan karya seni utama dan tetap terlihat indah. Selain itu tidak pernah diperkirakan ternyata, menerapkan pattern flora pada bidang seni rupa bisa mengangkat nilai jual sebuah karya seni.

Pattern flora yang mengadaptasi kekayaan alam bumi pertiwi ada begitu banyak ragamnya. Mengingat Indonesia adalah negara yang sangat tinggi kemampuan keseniaan dan kental pemahaman akan budayanya. Pada karya seni tradisional seperti batik, motih hias flora juga sangat mudah ditemukan. Jika kita ingin menelusuri banyak kesenian yang bermula dari sumber sejarah, filosofi, fungsi dan teknik yang berawal dari upaya masyarakat mengiplementasikan kebudayaan tradisional. Pattern flora memiliki ciri khas tergantung dari daerah masing-masing seperti daerah Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara.

Sumber Inspirasi Ragam Hias Flora

Sumber Inspirasi Ragam Hias Flora

Masyarakat Indonesia banyak menciptakan pola yang terinspirasi dari alamnya sendiri. Seperti ornamen flora. Ornamen floral menampilka bentuk pola yang dibuat seperti tumbuh-tumbuhan. Mulai dari dedaunan, bunga hingga rumput bisa dijadikan inspirasi. Untuk menciptakan motif hias floral, akan dimulai dari satu desain awal yang akan dibuat berulang. Bisa diterapkan pada sulaman juga.

Perhatikan komposisi desain dan proposisi pattern apakah sudah seimbang dan harmonis dengan keseluruhan elemen seni rupa yang ada. Pertama sebelum memulai mendesai siapkan terlebih dahulu model refrensinya. Tujuannya agar lebih mudah mengaplikasikan imajinasi.

Peralatan kerja dan media adalah faktor penting yang akan menentukan tampilan pola floral yang didesain. Ada beberapa peralatan khusus yang harus disiapkan apabila anda menginginkan membuat pola tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *