Pengertian seni budaya

Pengertian Seni Budaya

Dalam kehidupan masyarakat memang tak akan bisa lepas dari sesuatu hal yang disebut seni budaya. Sejak dahulu kala, seni budaya sudah menjadi sesuatu yang menyatu dengan kehidupan masyarakat hampir di setiap sisi kehidupan.

Pengertian dari seni budaya dapat diartikan dari berbagai sudut, baik secara umum maupun dari pendapat para ahli. Sehingga akan diperoleh pengertian seni budaya yang lebih luas dan mendalam.

Pengertian Seni Budaya Secara Umum

Pengertian Seni Budaya Secara Umum

Dalam bahasa Indonesia, kata “seni” memiliki riwayat pengistilahan yang tak sederhana, baik dari sesi terminologis ataupun etimologisnya. Hal ini bermula karena ketiadaan padanan kata yang sesuai dalam bahasa Indonesia untuk makna art dalam bahasa Inggris maupun kunst dalam bahasa Belanda.

Ada banyak teori awal mula kata seni di dalam bahasa Indonesia, berikut diantaranya.

Dalam bahasa Melayu Riau (khususnya Sungai Rokan)  seni dikenal dengan sonik yang diperoleh dari dari kata ‘so’ ataupun ‘se’ yang bermakna satu. Selain itu juga berasal dari bahasa Sanskerta yakni ‘swa’ yang bermakna satu. Kemudian digabungkan dengan kata ‘nik’ yang bermakna sesuatu hal yang berukuran sangat kecil ataupun halus. Sehingga kata sonit atau sonik atau seni memiliki makna sesuatu yang halus baik dari bentuk rupa ataupun sifatnya.

Istilah seni juga bisa diambil dari kata Sani yang berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna pelayanan, persembahan, dan juga pemberian secara tulus. Hal ini selalu dikaitakan dengan kegiatan upacara keagamaan yang dinamakan dengan kesenian. Dalam bahasa Belanda, seni disebut dengan genie yang bermakna genius atau memiliki kemampuan bawaan dari lahir yang luar biasa. Sehingga dapat disimpulkan jika seni merupakan bakat atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir hasil dari kejeniusan.

Sementara budaya memiliki pengertian sebagai tatanan hidup sekelompok orang yang berkembang  secara turun-temurun. Budaya dapat terbentuk dari bermacam unsur yang kompleks meliputi berbagai macam aspek kehidupan masyarakat. Kata budaya juga berasal dari kata “buddhayah” yang memiliki makna terkait akal budi yang dimiliki manusia. Kata “buddhayah” sendiri merupakan bentuk kata jamak dari kata “Buddhi” yang bermakna akal (budi).

Sehingga diperoleh pengertian seni budaya secara umum ialah segala sesuatu hal yang dihasilkan oleh manusia tentang tata cara hidup yang mengalami perkembangan di suatu kelompok. Dimana seni buda mempunyai unsur keindahan yang diturunkan dari setiap generasi ke generasi.

Pengertian Seni Budaya Menurut Pendapat Ahli

Pengertian Seni Budaya Menurut Pendapat Ahli

Setelah mengetahui pengertian seni budaya secara umum, kini giliran mengetahui pengertian seni budaya menurut pendapat para ahli. Makna seni merupakan bentuk yang memiliki penampilan maupun pengungkapan yang tak menyimpang jauh dari kenyataan. Bisa diartikan, bahwa seni juga merupakan sarana yang digunakan untuk meniru alam.

Seni pun diistilahkan sebagai sebuah keindahan yang bisa menggerakkan perasaan atau minat seseorang untuk melihat dan menikmatinya. Berikut beberapa pengertian seni budaya menurut pendapat dari sejumlah ahli di bidangnya, diantaranya.

1.  Sartono Kartodirdjo

Sartono Kartodirdjo

Pendapat yang pertama berasal dari Sartono Kartodirdjo, yang  merupakan seorang sejarawan dan dikenal sebagai seorang pelopor penulisan sejarah yang menggunakan pendekatan mutlidimensi. Menurut Sartono Kartodirjo, jika seni budaya adalah sebuah sistem yang koheren dan dapat dipergunakan untuk menjalankan sebuah komunikasi efektif dengan salah satu bagian dari seni yang mampu menyapaikan keseluruhan maksudnya.

2. Harry Sulastianto

Harry Sulastianto

Pendapat selanjutnya berasal dari Harry Sulastianto, yang merupakan dosen seni rupa yang mengajar di UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia. Beliau  menerangkan bahwa pengertian seni budaya adalah sebuah keahlian atau kemampuan beraktivitas dalam mengekspresikan berbagai ide-ide maupun pemikiran estetika. Dan juga mewujudkan kemampuan serta imajinasi pandangan tentang sejumlah benda, karya, maupun suasana, yang bisa memberikan rasa indah dan menghasilkan peradaban manusia yang jauh lebih maju.

3. Ida Bagus Putu Perwita

Berikutnya pendapat dari seorang tokoh seni berasal dari Bali, Ida Bagus Putu Perwita. Beliau mengemukakan pendapat jika seni budaya merupakan penunjang sarana dalam pelaksanaan aktivitas maupun upacara adat.

4. M. Thoyibi

Kemudian, pendapat yang beradal dari seorang filsuf yang pemikirannya sangat berpengaruh di Indonesia yakni M. Thoyibi. Menurut beliau seni budaya merupakan penjelmaan dari rasa seni yang sudah membudaya, termasuk ke dalam aspek kebudayaan yang bisa dirasakan dan diresapi banyak orang di dalam rentang sejarah peradaban manusia.

Seni Budaya dan Jenisnya

Dari setiap generasi keberadaan seni budaya memang selalu mengalami perkembangan. Dalam seni budaya terdapat banyak jenis dan kerap dijumpai di masyarakat. Berikut jenis seni budaya yang ada di tengah masyarakat, diantaranya:

1. Seni Tari

Seni Tari

Seni budaya ini adalah suatu gerakan yang berirama dan diiringi lantunan musik. Seni tari ini dilakukan di waktu dan tempat tertentu untuk menunjukan perasaan serta digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan, baik  dari seseorang ataupun kelompok.

Dalam seni tari terdapat ekspresi gerak yang memiliki tujuan untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya dakwah, ritual upacara keagamaan, menyambut tamu kehormatan, dan lain sebagainya. Dalam seni tari terdapat banyak variasi dari mulai tari tradisional hingga seni tari modern.

Seni tari sendiri memiliki unsur-unsur yang harus dipenuhi agar dapat disebut seni budaya.  Yakni unsur utama yang terdiri dari wiraga atau raga, wirama atau irama, dan juga wirasa atau rasa. Kemudian dilengkapi dengan unsur pendukung yang terdiri dari gerak, iringan, riasan dan kostum, serta pola bloking.

2. Seni Rupa

Seni Rupa

Jenis selanjutnya ialah seni rupa yang memanfaatkan media untuk menghasilkan sebuah karya seni yang dapat dilihat mata dan dapat dirasakan secara fisik. Kesan tersebut dihasilkan dengan mengolah berbagai konsep titik, bidang, garis, bentuk, warna, volume, tekstur, serta pencahayaan dengan estetika sebagai acuannya. Secara terminologi, istilah seni rupa awalnya diperkenalkan sekaligus dipopulerkan S.Sudjojono dan kemudian dimasukan dalam kosa kata bahasa Indonesia.

Menurut fungsinya, ada dua jenis seni rupa, yakni seni rupa murni serta seni rupa terapan. Dalam prosesnya, seni rupa murni jauh lebih menonjolkan ekspresi jiwa. Misalnya saja, patung, lukisan, fotografi, dan lain sebagainya.

Sementara dalam seni rupa terapan, dalam proses pembuatannya memiliki tujuan serta fungsi tertentu seperti seni kriya misalnya.  

3. Seni Musik

Seni Musik

Musik merupakan lantunan suara yang diciptakan dengan demikian rupa hingga mengandung lagu, irama, nada yang harmonis. Seni musik biasanya dihasilkan dari berbagai macam alat yang bisa menghasilkan irama atau bunyi. Meski musik adalah sejenis fenomena intuisi yang digunkan untuk membuat, memperbaiki dan juga mempersembahkannya  merupakan suatu bentuk dari seni.

Salah satu jenis seni ini lebih terfokus pada melodi, irama, harmoni, tempo, dan instrumen yang lainnya untuk menciptakan sesuatu yang lebih indah untuk didengar. Seni musik mempunyai peranan sebagai sarana untuk menuangkan perasaan dari penciptanya. Seni musik sendiri memiliki beragam jenis, yakni musik klasik, tradisional, hingga musik populer masa kini.

3. Seni Teater

Seni Teater

Selanjutnya ada seni teater atau seni pertunjukan di atas panggung. Seni teater secara spesifik bisa diartikan sebagai seni drama yang mempertunjukan perilaku manusia melalui gerak, tari, maupun nyanyian yang kemudian disajikan secara lengkap bersama akting dan juga dialog dari para pemain yang memerankannya. Istilah ‘teater’ dapat diartikan dengan pengertian secara luas ataupun sempit.

Seni teater, secara luas bisa diartikan sebagai keseluruhan adegan akting maupun peran yang ditampilkan di atas sebuah panggung dan di depan. Misalnya saja seperti ketopak, sintren, wayang, dagelan, maupun akrobat.

Sementara pengertian seni teater secara sempit, bisa diartikan sebagai sebuah adegan yang sangat berkaitan dengan kehidupan seseorang dan ditampilkan sedemikian rupa, sehingga memiliki unsur seni.

4. Seni Kriya

Seni Kriya

Jenis seni budaya yang selanjutnya ialah seni kriya. Seni jenis ini bisa diartikan sebagai seni yang hasil penciptaannya menggunakan tangan sebagai sarana pembuatnya dengan memperhatikan bermacam aspek fungsional dan seni. Istilah “Kriya” ini berasal dari kata bahasa Sansekerta, yakni “Krya” yang bermakna mengerjakan.

Dalam perkembangannya, istilah tersebut pun bertambah menjadi kerja,karya, dan kriya. Ketiganya memiliki makna yang tidak jauh berbeda. Sehingga dapat disimpulkan jika seni kriya merupakan seni kerajinan yang memanfaatkan tangan dalam proses pembuatannya. Seni ini membutuhkan keterampilan khusus dan detail. Contoh dari seni kriya diantaranya perhiasan, pakaian, furniture, pahatan, dan lain sebagainya.

Demikian tadi informasi tentang pengertian seni budaya, baik secara umum maupun menurut pendapat para ahli. Semoga dengan mengetahui pengertian seni budaya, kita dapat turut melestarikan seni budaya yang ada di sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *