pengertian workshop

WORKSHOP : Pengetian, Jenis, Fungsi, Tata Pelaksanaan

Workshop – adalah suatu kegiatan yang dimana dalam kegiatan tersebut terdapat orang-orang yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu. Workshop memberikan pengajaran atau pelatihan kepada para peserta, mengenai teori dan juga praktek pada satu bidang. Dapat dikatakan juga workshop sebagai tempat untuk berlatih untuk peserta yang bekerja secara perseorangan maupun secara kelompok untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pekerjaan atau tugas yang sesungguhnya dengan maksud untuk memperoleh sebuah pengalaman. 

Semua orang yang mempunyai minat dan keahlian sama pada bidang tertentu akan berkumpul pada acara workshop tersebut, mereka semua akan mengikuti arahan para ahli untuk membahas suatu permasalahan tertentu. 

Bukan hanya itu saja, tentunya workshop memiliki rangkaian kegiatan dalam pelaksanaanya, umumnya rangkaian acara workshop seperti : Tujuan dilaksanakannya workshop, permasalahan yang dibahas, produser teknis workshop, membahas permasalahan, dan menentukan cara untuk memecahkan suatu permasalahan yang dibahas.

Ciri – Ciri Workshop

ciri ciri workshop

  • Permasalahan yang dibahas yaitu permasalahan yang muncul atau berasal dari peserta workshop.
  • Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yaitu dengan cara musyawarah dan juga dengan penyelidikan, sehingga peserta workshop dapat mengambil bagian untuk menyelesaikan masalah tersebut secara aktif.
  • Didalam sebuah workshop tentunya setiap peserta harus aktif dan berpartisipasi dalam memberikan bantuan dalam kegiatan tersebut untuk menyelesaikan permasalahan, sehingga bisa mendapatkan hasil yang baik dalam musyawarah.

Jenis – Jenis Workshop

jenis jenis workshop

Workshop berdasarkan lembaga atau organisasi

Workshop dalam dunia pendidikan yang membahas mengenai permasalahan yang selalu muncul dalam pendidikan dan bagaimana menyelesaikan persoalan tersebut. Workshop jenis ini tergantung pada lembaga atau organisasi yang menyelenggarakannya.

Workshop berdasarkan waktu 

Workshop berdasarkan waktu dibagi menjadi dua bagian diantaranya sebagai berikut :

Workshop yang beruntun Workshop yang berkala
Maksudnya adalah workshop yang dilakukan dalam waktu tertentu diadakan secara terus- menerus. Biasanya workshop jenis ini dilakukan selama tiga hari secara terus menerus.  Bedanya dengan workshop beruntun, workshop berkala ini dilakukan dalam jangka waktu mingguan atau bulanan.

Berdasarkan sifat 

Workshop berdasarkan dari sifatnya dibagi menjadi dua macam, diantaranya :

Workshop yang mengikat Workshop yang tidak mengikat
Merupakan workshop yang diselenggarakan oleh orang-orang atau lembaga tertentu, seperti untuk membahas masalah program kerja, yang hasil dari workshop tersebut dapat mengikat peserta yang hadir. Merupakan workshop yang tidak mengikat peserta yang hadir di dalamnya, jadi apapun itu hasil dari workshop tersebut tidak harus diikuti oleh peserta.

Tata Pelaksanaan Workshop

tata pelaksanaan workshop

  • Tujuannya untuk melaksanakan kegiatan workshop yang ingin dilakukan.
  • Masalah yang dibahas dalam workshop.
  • Prosedur teknis menyelesaikan masalah dalam workshop.
  • Membahas permasalahan dengan beberapa orang.
  • Menentukan cara memecahkan masalah.

Namun dari pengertian diatas workshop mempunyai kelebihan dan kekurangan :

Kelebihan Workshop  Kekurangan Workshop
  • Peserta workshop memperoleh informasi atau keterangan teoritas yang mendalam tentang permasalahan tertentu.
  • Peserta workshop memperoleh berbagai petunjuk praktis guna melaksanakan tugasnya.
  • Peserta workshop dilatih untuk bersikap dan berpikir secara ilmiah.
  • Peserta workshop dilihat agar mampu bekerjasama dengan orang lain.
  • Membutuhkan persiapan yang relatif lama untuk melakukan sebuah workshop.
  • Memerlukan banyak tenaga dan menghabiskan biaya yang cukup besar.
  • Jika workshop dilakukan di suatu sekolah, biasanya hal ini akan mengganggu guru dalam kegiatan belajar- mengajar siswa.
  • Bisa mengakibatkan perselisihan pendapat (pro dan kontra).

Tujuan dari workshop adalah untuk memperoleh informasi melalui pengalaman langsung dan saling menyampaikan informasi. 

Fungsi Workshop

fungsi workshop

  • Sebagai salah satu wadah dalam membangun kebersamaan (membership), kemitraan (partnership), dan kerjasama.
  • Media penyampaian masalah yang diharapkan mendiskusikan dan merumuskan metode strategis, implementasi pemecahan masalah.
  • Mensosialisasikan sebuah program.

Adapun perbedaan seminar dan workshop karena masih banyak orang yang menilai bahwa workshop dan seminar acara yang sama, padahal keduanya mempunya penjelasan yang berbeda. Seminar merupakan suatu pembahasan masalah secara ilmiah, walaupun topik yang dibahas adalah masalah sehari-hari, sedangkan workshop adalah suatu acara dimana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya.

Contoh Workshop

contoh workshop

Workshop seperti yang dilakukan oleh lembaga pendidikan mengenai akreditasi atau workshop yang dilakukan oleh suatu lembaga atau usaha tentang cara memilih jenis usaha waralaba yang baik.

Dari semua penjelasan di atas jadi singkatnya workshop yaitu memberikan pengajaran atau pelatihan kepada peserta mengenai suatu bidang, dengan tujuan untuk mencari solusi mengenai permasalahan dan menambah pengalaman. 

Semoga penjelasan diatas dapat membuat kita paham mengenai pengertian dan penjelasan mengenai workshop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *