Rumus Terbilang Excel 2007

Rumus Terbilang Excel 2007

Aplikasi Microsoft excel adalah sebuah aplikasi yang pastinya tidak asing bagi masyarakat di seluruh dunia. Banyak profesi yang membutuhkan Microsoft excel adlaah sebuah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft corporation. Microsoft excel untuk membantu proses kerja, dari mulai perhitungan, pengolahan data dan sebagainya. Biasanya digunakan oleh pekerja di bidang akuntansi, pengolahan data, kalkulus dan lainnya. 

Microsoft Excel 

Rumus Terbilang Excel 2007

Aplikasi perhitungan ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Bahkan bagi yang tidak menggunakannya pun, setidaknya pernah mendengar ketika mata pelajaran IT di ssekolahnya dahulu. terlebih saat ini, aplikasi perhitungan ini sudah semakin dikenal dan digunakan banyak profesi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Profesi apa saja kah yang paling banyak memanfaatkan excel untuk alat bantu kerjanya? Nah, ada beberapa bidang pekerjaan yang sangat kental dalam penggunaan excel. Bukan hanya menghitung angka biasa atau bilangan biasa, melainkan juga berbagai rumus perhitungan matematis terdapat di sini. maka dari itu, ada banyak bidang yang memanfaatkan aplikasi ini. Berikut adalah bidang profesinya :

1. Bidang akuntansi

Bidang ini tentu sudah pasti. Setiap keuangan butuh jumlah yang pasti, tidak boleh diperkirakan dan tidak salah. Semua lembaga keuangan pasti menggunakan excel untuk menyelesaikan perhitungan penjumlahan, pemotongan pajak, pembagian hasil, dan lain sebagainya. Anda cukup memasukan angka ke dalam sel yang sudah ada, kemudian anda hanya tinggal menjumlahkan atau menghitung sesuai bilangan yang diminta. Resiko kesalahan perhitungan saat menggunakan excel ini sangat sedikit. Jadi dijamin terpercaya. 

2. Kalkulus Matematis

Jenis angka atau bilangan yang dipakai oleh bidang ini berbeda dari bidang akuntansi. Kalkulus matematis adalah menjumlahkan angka matematika atau memecahkan kasus matematika dengan metode perhitungan penjumlaha, pengurangan, pengalian, dan pembagian yang secara umum bisa menggunakan kalkulator, tapi lebih cepat menggunakan excel. 

3. Pengolahan Data

Ini banyak dilakukan oleh para karyawan, peneliti yang sedang melakukan observasi, dan ahli ahli lainnya yang membutuhkan perhitungan statistic. Biasanya digunakan untuk pengelolaan databse statistic, menghitung data, mencari nilai tengah, rata-rata, dan digunakan juga untuk mencari nilai maksimal serta nilai minimal sebuah data. Pengolahan data menggunakan excel juga bisa mempercepat proses perhituangannya, karena di antaranya tidak perlu menggunakan cara manual untuk menghitungan, jadi lebih mudah. 

4. Pembuatan Grafik

Dibandingkan dengan menggunakan word, membuat grafik lebih mudah dibuat di excel. Microsoft excel menyediakan data yang sekaligus bisa diambil saat membuat grafik. Jadi anda tidak perlu menyalin ulang data yang sudah anda buat, karena excel bisa secara langsung terkoneksi dengan seluruh sel yang ada dalam file tersebut. Anda bisa membuat perolehan terbaik per tahun, bulan atau minggu sesuai dengan keinginan anda. 

5. Operasi Tabel

Faktanya, Microsoft excel memiliki baris sebanyak 1.084.576 dan jumlah kolom sebanyak 16.384. Ini memudahkan anda yang ingin menginput data dalam kapasitas yang banyak, karena satu file excel bis aterkoneksi dengan sel sel lainnya walaupun berbeda lembar kerja. Ada banyak rumus, dan fitur fitur yang memudahkan pengoperasian tabel menjadi lebih efisien. Fiturnya yang sangat sederhana juga memudahkan aplikasi ini digunakan bukan hanya masyarakat modern, tetapi juga orang orang tua yang tidak terlalu pandai mengoperasikan data atau tabel. 

Rumus Terbilang Excel

Rumus Terbilang Excel

Excel memiliki beberapa formula dan fungsi untuk menentukan beberapa penjumlahan. Nah, berbeda dengan kebanykan fungsi excel lainya yang biasa digunakan, rumus terbilang ini bisa dikatakan masuk dalam metode sistem yang sangat unik. Ada unsur tambahan yang diperoleh dari sumber lain yang berada di luar. 

Misalnya adalah, untuk merubah sebuah angka dari 100000 ke seratus ribu, maka diperlukan Add-Ins. Untuk mengaktifkan fitur tambahan itu, harus mematikan security macro terlebih dahulu. Kemudian, untuk melakukannya, anda bisa mengikuti langkah langkah cara membuat angka terbilang pada Microsoft Excel seperti berikut ini: 

Pertama : Non Aktifkan security macro. 

Caranya dengan klik menu, kemudian pilih options. Kemudian setelah munculnya jendela Options, lalu klik Trust Center, kemudian klik tombol Trust Center Settings. Setelah semuanya dilakukan, jendela Macro Settings akan terbuka, kemudian klik Enable all macros dan klik OK dua kali. 

Kedua : Instal aplikasi Add-ins Terbilang Excel

Caranya yaitu unduh aplikasi Add-Ins Terbilang dahulu di internet. Kemudian setelah di download, buka Microsoft excel dan klik Menu File di Microsoft excel, lalu klik Options. Kemudian setelah jendela options terbuka, lakukan klik Andd-Ins. Kemudian setelah jendelanya terbuka, klik tombol Go dan jendela Add-Ins terbuka. Ada pilihan browse di samping, kemudian klik. Lalu cari aplikasi Add-Ins yang sudah terinstal di dokumen dan klik. Beri tanda ceklis pada terbilang dan klik OK. 

Ketiga : Rumus terbilang untuk merubah angka menjadi huruf

Caranya yaitu, ketik angka berapapun di salah satu sel, misalnya B1. Kemudian tujukan kalimat terbilang di sel C1. Contohnya tulis 200000 di B1. Tuliskan rumus terbilang di sel C1 yaitu =terbilang(B1), lalu tekan enter. Maka setelah anda meng-klik enter, akan tertulis kalimat “Dua Ratus Ribu” di sel C1 tanpa harus anda ketik secara manual. 

Cukup mudah bukan cara mengubah angka menjadi terbilang. Metode ini bisa anda gunakan tentunya paling sering untuk bidang akuntansi yang paling banyak menghitung hitung keuangan dan menjabarkannya dengan kalimat bilangan. Dengan menggunakan rumus terbilang ini, anda tidak perlu lagi menggunakan cara manual dengan mengetiknya satu-satu. Cukup menggunakan rumus terbilang, dan semua angka yang ingin anda jabarkan bisa langsung anda klik dengan rumus terbilang excel 2007 tersebut. 

Efisiensi Rumus Terbilang

Efisiensi Rumus Terbilang

Jika anda menggunakan Add-ins terbilang pada excel, ini sudah menjadi alternative yang sangat mudah untuk Anda. terutama bagi anda yang belum terbiasa dengan pengoperasian visual basic application (vba), maka aplikasi Add-ins ini sangat membantu dan mempermudah menggunakan rumus terbilang. Rumus VBA termasuk rumus yang panjang dan rumit, karena anda harus menyusun rumus itu sendiri. 

VBA juga masih menggunakan model script yang hanya bisa digunakan terbatas pada beberapa lembar kerja yang sudah diletakkan rumusnya. Sedangkan aplikasi Add-ins ini, memiliki model yang tersedia dalam satu paket dalam bentuk file yang bisa diunduh dan langsung diinstal. Add-ins juga dapat dibuka kapanpun. Anda bisa mengerjakannya langsung secara otomatis tanpa perlu menyusun script setiap membuka lembar kerja yang baru. 

Ini bisa menjadi salah satu alternative yang efisien untuk menyusun rumus terbilang excel 2007. Siapapun bisa mengerjakan dengan mudah tanpa harus manual mengubah rumusnbya terlebih dahulu. kemudian juga bisa menghemat waktu para pekerja pengolah data, karena pengolah data tentu akan banyak dan sering dikejar deadline. Maka dari itu, manfaatkan fungsi terbilang dalam bentuk add-ins ini, dibandingkan harus menggunakan script yang panjang dan rumit.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *