Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli Beserta Contoh

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli Beserta Contoh

Sering kali Anda mendengar orang berkata SDM di sekitar Anda, SDM sebenarnya apa ya. SDM atau Sumber Daya Manusia adalah faktor penting dari sebuah perusahaan atau instansi. Dengan sumber daya manusia yang unggul maka akan menciptakan kualitas kerja yang baik dan sehat.

Secara garis besar demikianlah yang dimaksud dengan sumber daya manusia. Namun, saat ini sudah banyak para ahli yang menelaah dan menjabarkan pengertian dari sumber daya manusia tersebut. Berikut ini akan dipaparkan secara jelas pengertian sumber daya manusia secara umum dan menurut beberapa ahli, fungsi serta contohnya.

Pengertian Sumber Daya Manusia

Pengertian Sumber Daya Manusia

Secara umum, sumber daya manusia berarti adalah manusia atau pelaku dalam sebuah perusahaan dimana keberadaannya adalah sebagai penggerak, pemikir dan pelaku perusahaan. Tanpa sumber daya manusia, sekaya apapun sebuah perusahaan tidak akan berguna.

Sebesar apapun sebuah perusahaan yang mengandalkan mesin atau robot tidak akan ada gunanya tanpa campur tangan sumber daya manusia. Terlebih jika sumber daya manusia ini adalah seorang karyawan yang sangat rajin serta jujur.

 Ini bukan merupakan sumber daya manusia biasa namun merupakan aset perusahaan yang paling utama yang bisa menjadikan modal dasar kemajuan sebuah perusahaan. Sumber daya manusia sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu mikro dan makro.

Sumber daya manusia makro adalah penduduk yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang sudah bekerja maupun yang belum bekerja. Sedangkan sumber daya manusia mikro adalah individu yang sudah bekerja atau menjadi bagian dari suatu proses produksi, biasanya disebut sebagai karyawan, pekerja, pegawai, buruh dan lain-lain.

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Selin pengertian secara umum dari sumber daya manusia, berikut ini adalah beberapa ahli yang juga telah memberikan kontribusi dalam memberi pengertian mengenai sumber daya manusia agar lebih mudah dipahami oleh khalayak umum.

1. Menurut Hasibuan

Hasibuan menerangkan bahwa sumber daya manusia adalah manusia dengan kemampuan terpadu antara pola pikir dan fisik yang bagus. Keterpaduan keduanya akan menjadikan perilaku yang sehat dalam bekerja dan menunjang untuk mendapatkan prestasi dalam bekerja.

2. Menurut Sonny Sumarsono

Sumber daya manusia menurut Sonny ini adalah hubungan antara manusia, usaha kerja dan jasa. Dari keterkaitan tersebut, sumber daya manusia dapat diartikan usaha kerja yang menghasilkan jasa untuk mewujudkan suatu produksi. Jadi, pada poin ini sumber daya manusia menjadi yang paling pokok untuk perwujudan produksi dari sebuah perusahaan.

3. Menurut Mathis dan Jackson

Berbeda dengan sebelumnya, Mathis dan Jackson memberikan pengertian bahwa sumber daya manusia adalah rancangan sistem formal dari perusahaan yang berkaitan erat dengan bakat dan minat manusia untuk mencapai tujuan perusahaan. Jadi, sebuah perusahaan diwajibkan menjaga minat dan bakat pekerja atau karyawannya agar apa yang dikonsepkan sebagai hasil akhir perusahaan dapat tercapai.

4. Menurut M.T.E Harianja

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor penting dalam perusahaan selain modal. Maka dari itu, pengelolaan yang baik akan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan perusahaan tersebut pada masa depan.

5. Menurut Ermaya

Menurut Ermaya, sumber daya manusia adalah faktor penting dalam proses pembangunan bangsa, perusahaan dan organisasi. Peran yang penting disandang oleh sumber daya manusia ini adalah sebagai subjek dan objek pembangunan yang mana harus diatur dan dijaga dengan baik dan sistematis.

6. Menurut Mangkunegara

Mangkunegara mendefinisikan sumber daya manusia sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengawasan dan pemeliharaan yang bermuara pada satu tujuan organisasi tersebut.

7. Menurut Rival

Rival berpendapat bahwa sumber daya manusia adalah salah satu bidang manajemen yang meliputi tupoksi umum yaitu perencana, pengorganisasi, pelaksana, dan pengendali. Sistem yang kompleks memang dimiliki oleh sumber daya manusia, namun semua hal tersebut adalah satu kesatuan utuh yang menunjang roda suatu organisasi maupun perusahaan.

8. Menurut Mary Parker Follet

Sumber daya manusia adalah suatu seni untuk mencapai tujuan sebuah organisasi atau perusahaan dengan pengaturan pembagian kerja yang merata untuk semua pekerjaan yang dibutuhkan. Jadi, Follet berpendapat bahwa sumber daya manusia adalah cara bagaimana sebuah organisasi mendelegasikan pekerjaan masing-masing kepada pihak terkait untuk mewujudkan hasil dari tujuan organisasi atau perusahaan

9. Menurut Dessler

Lain lagi pengertian sumber daya manusia menurut Dessler, Dessler mengemukakan bahwa sumber daya manusia adalah proses perhatian pada karyawan mulai dari memperhatikan keamanan, kenyamanan, kesehatan, keadilan bahkan sampai kompensasi yang harus diberikan kepada karyawan.

10. Menurut Fisher et.al

Fisher mengatakan bahwa sumber daya manusia adalah segala keputusan dan praktik  manajemen yang berpengaruh terhadap semua yang ada dalam perusahaan. Pengaruh keputusan ini mutlak berpengaruh kepada semua karyawan atau pimpinan perusahaan.

Fungsi Sumber Daya Manusia

Fungsi Sumber Daya Manusia

Selain mengetahui pengertian sumber daya manusia dari berbagai ahli, berikut adalah fungsi sumber daya manusia yang perlu juga Anda ketahui.

1. Sebagai Tenaga Kerja

Tenaga kerja ini adalah usia produktif yang memberikan jasanya menurut satuan waktu yang ditentukan dengan hasil akhir adalah produk barang atau jasa yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

2. Sebagai Tenaga Ahli

Merupakan sumber daya manusia yang memiliki pendidikan maupun keahlian tertentu yang berguna bagi perusahaan.

3. Sebagai Pemimpin

Sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan pengalaman yang mumpuni untuk memimpin suatu golongan.

4. Sebagai Tenaga Usahawan

Sumber daya manusia berfungsi sebagai tenaga usahawan berarti mereka yang memiliki kemampuan menciptakan produk baru dengan konsep kemandirian yang bermanfaat untuk sesama, lingkungan bahkan bangsa.

5. Sebagai Pengembang IPTEK

Berfungsi sebagai pengembang IPTEK ini sumber daya manusia berkaitan dengan keilmuan dan penemuan yang bisa berimbas positif kepada masyarakat dan negara. Ilmu dan temuan yang dihasilkan haruslah yang dapat mempermudah segala kegiatan manusia.

Fungsi ini penting untuk juga dijalankan dalam perusahaan dengan sumber daya manusia yang lebih kompleks. Namun, tidak semua fungsi di atas akan dimiliki oleh satu sumber daya manusia. Yang pasti sumber daya manusia akan memiliki fungsi sesuai predikat yang disandang.

Contoh Sumber Daya Manusia

Contoh Sumber Daya Manusia

Di bawah ini akan diulas secara singkat dan padat mengenai contoh dari sumber daya manusia. Contoh sumber daya manusia ini adalah berdasarkan dari usia produktif masing-masing individu. Berikut ini adalah contoh beberapa sumber daya manusia:

  1. Karyawan
  2. Mahasiswa
  3. Pencari Kerja dengan usia produktif
  4. Pengusaha atau Pemimpin Perusahaan
  5. Para Tenaga Ahli dan Teknisi

Selain beberapa contoh di atas masih banyak sumber daya manusia lain selain berdasarkan usia produktif mereka namun berdasarkan ketersediaan tenaga kerja yang ada.

Demikian paparan mengenai sumber daya manusia, yang terpenting dari semua paparan di atas adalah adanya kesinambungan ikatan antara sumber daya manusia dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *