Teknik Dasar Tenis Meja

Tenis meja, atau yang sering disebut juga dengan nama olahraga pingpong, adalah jenis olahraga memukul bola berukuran kecil (bola pingpong) yang dimainkan oleh 2 atau 4 orang. Olahraga ini termasuk salah satu cabang olahraga yang cukup populer di seluruh dunia.

Seperti olahraga lainnya, tenis meja juga memiliki teknik-teknik dasar yang perlu diketahui dan dipelajari. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar tenis meja:

Shakehand Grip

shakehand grip

Teknik ini akan memudahkan Anda untuk menggunakan kedua sisi bet serta bisa dipakai untuk menahan atau melakukan smash ke arah lawan. Berikut ini cara melakukannya:

  • Genggamlah bet seolah Anda sedang berjabat tangan.
  • Posisikan jempol Anda senyaman mungkin di bagian atas bidang bet.
  • Posisikan jari lainnya di bagian bawah bet.
  • Genggam dan rapatkan sedikit jempol dan jari lainnya pada bet.

Penhold Grip

penhold grip

Saat menggunakan teknik ini, hanya satu sisi bet yang dipakai. Jadi, Anda bisa memilih posisi senyaman mungkin. Berikut ini adalah cara melakukan teknik ini:

Posisikan bet ke arah bawah dan grip atau pegangan menghadap ke atas.
Pegang bet seperti seolah-olah kita akan memegang pena, dengan ibu jari dan jari telunjuk berada di bagian bet yang sama.
Jari-jari lainnya bisa dirapatkan dan ditekuk atau diluruskan.
Ambil posisi jari senyaman mungkin.

Seemiller Grip

Seemiller Grip

Teknik ini bisa dibilang mirip dengan handshake grip. Bedanya pada seemiller grip, jari telunjuk memegang seluruh bagian bet. Lalu bet diputar 20° sampai 90° ke arah badan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Cara menggenggam bat-nya sama seperti teknik shakehand grip
  • Bedanya, lekukkan jari telunjuk pada sepanjang sisi bet.
  • Putar bet bagian atas antara 20° sampai 90° ke arah tubuh Anda.

Teknik Stance (Siap Siaga)

Teknik Stance (Siap Siaga)

Teknik stance adalah teknik penempatan posisi badan, kaki, dan tangan saat kondisi menyerang atau bertahan. Teknik stance terbagi menjadi dua jenis, yaitu square stance dan side stance .

Square Stance

Kunci utama dari teknik ini adalah positioning. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memindahkan satu kaki saja, bisa ke kanan, kiri, depan, dan belakang.

Side Stance

Untuk melakukan teknik ini, posisi badan Anda harus menyamping ke kiri atau ke kanan. Lalu, salah satu bahu Anda harus diposisikan lebih dekat dengan net. Jika Anda kidal dan hendak melakukan teknik forehand, posisi bahu kiri yang didekatkan ke arah net.

Open Stance

Teknik ini adalah pengembangan dari teknik side stance. Untuk melakukannya, posisikan kaki kiri sedikit ke depan dan agak terbuka keluar untuk pemain yang tidak kidal.

Teknik Footwork (Gerakan Kaki)

Teknik Footwork (Gerakan Kaki)

Dalam tenis meja, teknik ini ada dua jenis, untuk nomor tunggal dan ganda.

Pada nomor tunggal, banyaknya langkah terdiri dari beberapa teknik, mulai dari satu langkah, tiga langkah, bahkan bisa lebih. Arah pergerakannya bisa ke samping kiri, samping kanan, ke depan, ke belakang, serta diagonal.

Footwork sendiri menyesuaikan dengan jarak datangnya bola dengan pemain. Jika jaraknya terlalu dekat, Anda tidak perlu melangkahkan kaki.

Cara melakukan teknik ini adalah sebagai berikut:

  • Posisikan lutut agak ditekuk.
  • Distribusikan berat badan pada kedua kaki sama rata.
  • Jadikan ujung kaki sebagai tumpuan.
  • Jika hendak ke kiri, geser kaki kiri dengan berat badan ditumpukan pada kaki kiri.
  • Kaki kanan bisa mengikuti irama kaki kiri.
  • Jika hendak melakukan forehand, tarik kaki kanan ke belakang hingga posisinya seperti posisi awal teknik forehand.
  • Setelah melakukan pukulan, posisikan kembali tubuh ke posisi awal.

Teknik Stroke (Pukulan)

Teknik stroke bisa dilakukan saat kondisi bertahan maupun menyerang. Awalnya, teknik ini terbagi menjadi dua. Namun seiring pengembangannya, teknik ini memiliki banyak cabang.

Teknik Service (Servis)

Teknik Service (Servis)

Pukulan service merupakan teknik pukulan bola pertama. Teknik ini terbagi jadi 4 macam, yaitu service forehand topspin, backhand topspins, forehand backspin, backhand backspin dan sidespin.

Forehand Topspin

  • Lakukan persiapan di meja sebelah kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan.
  • Pegang bet dengan tangan kanan sambil menekuk siku sekitar 90°.
  • Pegang bola menggunakan tangan kiri.
  • Lambungkan bola secukupnya, lalu pukul dengan bet.
  • Usahakan pantulan bola tidak terlalu tinggi dari net.

Backhand Topspin

  • Lakukan persiapan dengan cara berdiri di sisi tengah.
  • Pegang bet dengan tangan kanan sambil mendekatkannya ke area sebelah kiri pinggang kiri.
  • Pegang bola dengan telapak tangan kiri.
  • Lambungkan bola secukupnya, lalu pukul dengan bet.
  • Usahakan pantulan bola tidak terlalu tinggi dari net.

Forehand Backspin

Untuk melakukan teknik ini, posisi bet agak sedikit terbuka. Arahkan bet ke arah depan dan agak condong ke bawah. Pukul bola dari sisi bawahnya. Usahakan bola mengenai bagian bet depan agak ke bawah.

Backhand Backspin

Teknik ini mirip dengan forehand backspin. Bedanya, saat melakukan pukulan, Anda hanya perlu “menggesek” bola menggunakan bagian bawah bet. Usahakan pantulan bola tidak terlalu tinggi dari net.

Teknik Drive

Teknik Drive

Teknik ini mengandalkan pukulan dengan ayunan tangan yang panjang. Tipe pukulan yang dihasilkan cenderung datar, keras, tetapi cepat.

Forehand Drive

Forehand Drive

Untuk melakukannya, Anda harus menggerakkan bet ke arah depan, yang diikuti dengan putaran badan sekitar 45° ke arah datangnya bola. Perlu diperhatikan, kadang saat melakukan teknik ini, posisi grip bsia bergeser karena pergerakan lengan.

Backhand Drive

Backhand Drive

Posisikan siku membentuk sudut berkisar 90°. Arahkan bet yang diikuti dengan gerakan memutar badan.

Teknik Push

Teknik Push

Push adalah teknik dasar backspin secara pasif yang digunakan untuk menghadapi backspin dari lawan. Tujuan teknik ini agar bola tidak melambung terlampau tinggi dari net.

Forehand Push

Anda perlu memposisikan bet agak terbuka. Lalu, arahkan bet ke depan dan sedikit ke bawah. Untuk meningkatkan keakuratan pukulan, bola harus mengenai bet bagian tengah.

Backhand Push

Anda perlu mengondisikan bola agar hanya menggesek bet dengan kuat. Hasilnya, bola akan backspin. Seperti forehand push, bola perlu mengenai bagian tengah bet .

Teknik Block

Teknik Block

Teknik ini berguna untuk mengembalikan smash  keras dari lawan. Teknik dasar ini bisa dilakukan setelah pantulan bola dari meja.

Gerakan ini cukup efektif dalam menahan serangan lawan, karena saat lawan menyerang dengan smash, bola hasil block akan kembali dengan cepat. Alhasil, lawan jadi kesulitan untuk menyerang balik.

Forehand Block

Untuk melakukan gerakan ini, posisikan bet ke depan dengan sisi depan bet menghadap agak ke bawah. Selanjutnya, perhatikan arah datangnya bola. Lakukan block segera saat bola selesai memantul dari meja. Pastikan bola mengenai bagian tengah bet.

Backhand Block

Jika Anda tidak kidal, posisikan bet ke sebelah kiri tubuh. Kondisi bagian depan bet menghadap sedikit ke bawah. Kemudian, perhatikan arah datangnya bola. Lakukan block segera saat bola selesai memantul dari meja. Pastikan bola mengenai bagian tengah bet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *