Ukuran Foto 10R

Ukuran Foto 10 R

Tentu Anda pernah melihat pas foto yang memiliki ukuran yang bermacam-macam. Ada yang kecil sekali dan ada yang berukuran jumbo hingga mampu menutupi dinding. Hal tersebut karena setiap foto memiliki ukurannya masing-masing sesuai dengan standar internasional.

Sejatinya, bukan cuma ukuran foto saja, ukuran pun ternyata identik dengan ukuran pada kertas. Pasalnya cuma medianya saja yang membedakan keduanya, yakni foto dan kertas. Tetapi, untuk ukuran dengan seri R memang cenderung identik dengan ukuran foto. 

Dalam dunia fotografi, khususnya cetak foto. Ada standar dalam ukuran foto yang menjadi pakem dalam mencetak sebuah foto yang disesuaikan dengan seri kertas cetak foto yakni seri R. Dalam seri R ini terdapat berbagai ukuran foto yang bisa disesuaikan dengan kegunaannya. Salah satunya  ialah ukuran foto 10 R, seperti apa dan bagaimana ukuran foto 10 R? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Ukuran Foto 10R                           

Ukuran foto sendiri merupakan dimensi (panjang x lebar) dari sebuah foto ataupun gambar dengan satuan mm. Ukuran tersebut juga dapat dikonversikan ke satuan cm maupun inchi. Salah satu ukuran foto yang cukup familiar dan kerap digunakan ialah 10 R.

Ukuran foto tersebut merupakan ukuran foto yang cukup besar. Pasalnya, ukuran tersebut setara dengan 10 x 12 Inchi, 25,4 x 30,5 cm atau 254 x 305 mm.

Secara umum, ukuran foto 10R kerapdigunakan untuk mencetak sebuah foto yang sedikit lebih istimewa dari yang lain dan biasanya dipajang di bagian ruang tengah. Supaya gambarpada foto tidak pecah ketika dicetak dengan ukuran tersebut, ada baiknya foto maupun gambar yang akan dicetak berukuran 3000 x 3602 px.

Apabila Anda tak mempunyaifotodengan ukuran pixel yang besar, maka Anda dapat meminta bantuan tempat percetakan foto untuk mengedit fotosesuai ukuran yang dibutuhkan.

Jenis Kertas untuk Cetak Foto

Selain mengetahui ukuran foto, memahamijenis-jenis kertas untuk cetak foto juga cukup penting. Pasalnya, kertas yang berkualitas baik akan membuat hasil foto menjadi lebih tahan lama. Setiap jenis kertas, memiliki ukuran yang berbeda. Jadi, diantara ukuran dan juga jenis kertas foto memiliki korelasi agar bisa menghasilkan foto dengan kualitas terbaik dan juga awet. Berikut beberapa jenis kertas untuk mencetak foto, diantaranya.

1. Matte

Kertas Matte

Jenis kertas matte menjadi salah satu jenis kertas foto yang sering digunakan. Kertas dengan jenis ini memiliki permukaan yang halus tapi tidak mengkilap. Selain itu ada beberapa kelebihan yang dimiliki kertas jenis matte ini. Terutama di tekstur cetak foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Disamping itu, sidik jari juga tak akan gampang menempel di kertas ini. Secara umum, kertas matte ini lebih sering digunakan untuk media mencetakfoto dengan gaya klasik atau hitam putih.

2. Glossy

Kertas Glossy

Sebagaimana namanya, glossy adalah jenis kertas foto dengan sifat mengkilap dan reflektif. Foto yang dicetak di jenis kertas foto ini akan menghasilkan foto yang nampak lebih hidup dan warna yang lebih cerah dan tajam.

Disamping itu, kertas jenis ini juga bisa menghasilkan komposisi warna yang cerah serta tidak akan menghasilkan foto dengan tampilan berstruktur seperti pada kertas foto jenis matte.Namun, kertas ini cenderung lebih rentan terhadap goresan yang bisa membuat foto gampang rusak.

3. Luster

Kertas Luster

Selanjutnya ada kertas foto luster. Kertas jenis ini mampu menampilkan foto dengan komposisi warna lebih dalam dibanding dengan kertas foto jenis matte.Hasil foto dari kertas ini akan terlihat sedikit berkilau dengan tekstur unik yang tampak seperti mutiara. Kelebihan dari jenis kertas ini ialah kertas tidak akan meninggalkan sidik jari jika dipegang.

4. Metallic

Kertas Metallic

Jenis kertas foto lainnya yang dapat digunakan untuk kertas cetak foto berkualitas ialah metallic. Kertas ini cukup banyak dipakai karena mampu menghasilkan foto yang berkualitas dan tahan lama serta tidak gampang tergores.

Bukan hanya itu, hasil foto dari jenis kertas mampu menghasilkan kesan metalic yang lebih mengkilap dan mencolok sebagaimana logam.

Demikian tadi informasi menarik tentang ukuran foto 10R dan jenis-jenis kertas untuk cetak foto. Semoga bisa memberikan sedikit wawasan untuk Anda saat ingin mencetak foto dan memilih jenias kertas foto terbaik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *